Semarak Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah di Selatpanjang

Dibaca: 286 kali  Jumat,22 September 2017 | 09:39:00 WIB

Semarak Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah di Selatpanjang
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi melepas Pawai peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah

SELATPANJANG - Mulai Rabu malam kemarin umat Islam se-Dunia merayakan tahun baru 1439 Hijriyah. Di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru itu, yang dihadiri langsung oleh Bupati, Drs H Irwan MSi.

Kegiatan pertama, Rabu malam 20 September 2017, yang bertepatan malam tahun baru 1 Muharram 1439 Hijriyah, digelar Tabligh Akbar peringatan Tahun Baru Islam bersama Ustad Marully Ashari Hasibuan, SHi, MA, di Mesjid Agung Darul Ulum, Jalan Siak, Selatpanjang.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi yang hadir pada kegiatan Tabligh Akbar itu, menyatakan bahwa Pemkab Kepulauan Meranti sangat mendukung program pembinaan pendidikan Agama Islam, sebagai sarana muhasabah diri dari yang kurang baik menjadi baik.

"Dengan adanya kegiatan peringatan tahun baru Islam 1439 Hijriyah ini, kami mengapresiasi Pengurus Mesjid beserta para Pemuda dan Remaja Mesjid Agung Darul Ulum Kepulauan Meranti, yang telah memotori acara ini," ujar Bupati.

Dikatakannya, bulan Muharram bagi umat Islam dipahami sebagai bulan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, yang juga sebagai bentuk contoh teladan dalam mengubah diri dari yang kurang baik menjadi lebih baik lagi.

"Saya berterimakasih kepada Ustad Marully, yang telah datang ke Kota Sagu Selatpanjang, guna memberikan pencerahan agama tentang bagaimana memaknai momentum 1 Muharram pada tahun baru 1439 Hijriyah ini," kata Bupati Irwan.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya yang berada di Kota Selatpanjang, agar memaknai tahun baru islam sebagai momentum mawas diri untuk berbuat baik, agar kehidupan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Sementara itu Ustad Marully dalam tausyiahnya mengungkapkan, bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Qamariah, yang oleh Khalifah Umar bin Khattab dijadikan titik awal mula kalender bagi umat Islam dengan diberi nama Tahun Hijriyah.

Setelah Tabligh Akbar pada Rabu malam, perayaan tahun baru Islam juga disemarakkan dengan pawai yang dimotori Yayasan Fitrah Madani bersama Pemuda Remaja Mesjid Darul Ulum Selatpanjang, Kamis pagi 1 Muharram 1439 Hijriyah atau 21 September 2017 Masehi.

Pada kegiatan itu, panitia mengundang sejumlah Sekolah se-Kecamatan Tebingtinggi, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Tsanawiyah, Aliyah Negeri dan Swasta, Perguruan Tinggi, Pramuka, LSM dan Ormas Islam lainnya.

Meski diguyur hujan gerimis, pawai yang dilepas langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi itu tidak mengurangi semangat peserta melintasi jalan protokol sebagai rute pawai yang telah ditentukan Panitia.

Dalam sambutannya saat melepas Pawai itu, Bupati Irwan mengatakan bahwa Pawai tersebut merupakan bentuk kesiapan dalam menyambut masa depan lebih baik, seiring datangnya tahun baru 1439 Hijriyah.

"Dengan berakhirnya tahun 1438 hijriyah, mari kita buang prilaku yang kurang baik, prilaku buruk dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, di kantor dan dimana saja, mari kita tingkatkan perbuatan mulia, sebagai bukti bahwa Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin," ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan pawai itu, anggota DPRD Kepulauan Meranti, Kakan Kemenag, Wakapolres, serta para pejabat Tinggi Pratama, pejabat Administrator dan pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com