Bupati Meranti Pimpin Gerakan Lintas Etnis Peduli Rohingya

Dibaca: 433 kali  Jumat,22 September 2017 | 09:08:00 WIB

Bupati Meranti Pimpin Gerakan Lintas Etnis Peduli Rohingya
Ket Foto : Lintas Etnis dan Agama di Kabupaten Kepulauan Meranti Peduli Rohingya

SELATPANJANG - Konflik yang mendera masyarakat minoritas muslim Rohingya di Myanmar, mengundang keprihatinan masyarakat dunia. Di Kepulauan Meranti, keprihatinan itu ditunjukkan dengan Gerakan Lintas Etnis dan Agama Peduli Rohingya, Kamis 21 September 2017.

Kegiatan yang dipusatkan di Taman Cik Puan, Jalan Merdeka, Selatpanjang, dihadiri oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, para pejabat instansi vertikal dan daerah, serta di ikuti oleh banyak tokoh lintas Etnis dan Agama di daerah ini.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama manusia, serta pentingnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

"Pagi ini kita menunjukkan kepada dunia, kepada seluruh masyarakat lintas agama, bahwa perdamaian dan kedamaian itu dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Atas kegiatan itu, Bupati menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi kepada Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama, yang telah memotori acara tersebut, juga kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Paguyuban yang ada di daerah ini.

"Kita berkumpul disini dalam rangka menunjukkan keprihatinan kita terhadap terjadinya penindasan di Rohingya Myanmar. Apa yang terjadi di Rohingya sejatinya bukanlah konflik antar agama, melainkan konflik politik yang berlandaskan sumber daya alam," ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Irwan berharap agar konflik yang terjadi di Myanmar tidak menular ke Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Provinsi Riau.

"Apa yang kita perbuat ini bisa menjadi pagar bagi kita, bahwa tidak boleh terpengaruh dengan apa yang terjadi di Rohingya sana," harapnya.

Kegiatan itu juga di isi dengan sambutan Ketua FKUB, Zubiarsyah SH, Penasehat LAM H. Ridwan Hasan, Ketua Banser GP Ansor Riau Sahabat Purwaji S.Sos, perwakilan agama Nasrani Jani Pasaribu dan perwakilan agama Budha, Cuncun.

Selanjutnya, digelar pula Orasi Kemanusiaan oleh DR. Imam Ghozali, MA dari GP Ansor, Orasi salah seorang perwakilan agama Konghucu, penyerahan bantuan dari marga tionghoa Riau, pernyataan singkat Kiyai Ahmad Nurdin SPd, penggalangan dana serta tanda tangan peduli Rohingya. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com