Ribuan Warga Nobar Film G 30 S PKI di Selatpanjang

Dibaca: 344 kali  Sabtu,30 September 2017 | 10:03:00 WIB

Ribuan Warga Nobar Film G 30 S PKI di Selatpanjang
Ket Foto : Warga antusias menyaksikan film G 30 S PKI di Jalan Merdeka Selatpanjang

SELATPANJANG - Meski telah diputar di stasiun TvOne malam sebelumnya, namun antusiasme masyarakat Kepulauan Meranti, khususnya Kota Selatpanjang masih tinggi untuk menyaksikan bersama alias nonton bareng (nobar) Film G 30 S PKI, Sabtu malam 30 September 2017.

Pantauan merantionline.com, untuk mengakomodir antusiasme warga itu, pihak Koramil 02 Tebingtinggi memasang dua layar lebar di pelataran Taman Cik Puan dan depan Kantor Pos Indonesia, Jalan Merdeka, Selatpanjang.

"Dua layar lebar itu dipasang bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi, Pemuda Panca Marga, Pemuda Pancasila dan lainnya," ujar Komandan Rayon Militer 02 Tebingtinggi, Mayor (Arm) Bismi Tambunan, SE kepada wartawan.

Sebelumnya Sabtu siang, ungkap Danramil, kegiatan nonton bareng telah digelar di lapangan Afifa Sport Center, Jalan Banglas, Selatpanjang. Nonton bareng itu dihadiri oleh ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Selatpanjang.

Kemudian pada Sabtu malam, mulai pukul 20.00 WIB, ribuan warga sudah memadati pelataran Taman Cik Puan Selatpanjang, bahkan kepadatan itu juga terjadi di Jalan Merdeka Selatpanjang, tempat layar lebar lainnya dipasang.

Camat Tebingtinggi, Rizki Hidayat, SSTP, MSi mengatakan, kegiatan nonton bareng itu sangat positif dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang sejarah kelam bangsa indonesia, dengan harapan peristiwa berdarah itu tidak terjadi lagi di negara ini.

Hal senada juga dikatakan Amri Umar, warga Jalan Sumber Sari, Selatpanjang Timur. Menurutnya, kegiatan itu sangat bagus untuk mengingatkan anak-anak remaja tentang sejarah bangsa sendiri, apa itu PKI, siapa dan mengenal nilai-nilai pancasila serta patriotisme.

Karena animo yang cukup tinggi, sejumlah aparat keamanan bersiaga mengamankan lokasi nonton bareng itu. Jalan Merdeka Selatpanjang yang cukup lebar harus ditutup dari lalulintas kendaraan bermotor. Pihak BPBD juga menyiapkan armada mobil pemadam kebakaran di lokasi. (pdu/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com