OPD Kepulauan Meranti Dikunjungi Tim Ahli Jepang

Dibaca: 214 kali  Kamis,19 Oktober 2017 | 10:47:00 WIB

OPD Kepulauan Meranti Dikunjungi Tim Ahli Jepang
Ket Foto : Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal, saat menerima Tim Ahli BRG Pusat, Jun Ichihara dan lainnya dari JICA

SELATPANJANG - Tim Ahli Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA), melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, guna mendalami penanganan masalah kawasan gambut, Kamis 19 Oktober 2017.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Meranti yang dikunjungi Tim Ahli BRG dan JICA atau Badan Kerjasama Internasional Jepang itu, yakni Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kepulauan Meranti, Tim langsung di terima Kepala Dinas Hendra Putra. Begitu pula saat mengunjungi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah di terima Kalaksa BPBD, M Edy Afrizal.

Kepala Dinas LHK Hendra Putra yang dikonfirmasi enggan merinci fokus pembahasan saat pertemuan itu, dimana Tim Ahli BRG Pusat Jun Ichihara dari JICA membahas tentang pengelolaan dan langkah antisipasi penanganan kawasan gambut di Kepulauan Meranti.

"Sifatnya agak teknis masalah fungsi dan tugas LHK berkaitan lahan gambut," ungkap Hendra Putra.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal kepada wartawan mengungkapkan, di kantornya Tim Ahli dari JICA melakukan koordinasi dan konsultasi terkait masalah kebencanaan dan Karhutla, serta tentang pengelolaan gambut di Kepulauan Meranti.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Mr. Jun Ichihara bisa memberikan solusi dan manfaat positif terhadap permasalahan karhutla dan pengelolaan gambut di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) atau Badan Kerjasama Internasional Jepang, adalah sebuah lembaga yang didirikan Pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. JICA berada di bawah Departemen Luar Negeri Jepang yang didirikan tahun 1974.

Dikutip dari Wikipedia, sejak 1 Oktober 2003 lembaga ini dijadikan sebuah institusi administrasi yang mandiri. JICA juga menolong pengembangan pemerintah dengan memberikan bantuan teknis dan dana yang tidak mengikat.

Tujuan JICA adalah membangun daya manusia di negara berkembang atau memperkuat organisasi-organisasi, membantu dalam kebijaksanaan pembangunan negara berkembang, dan melakukan penelitian untuk rencana dasar atau kemungkinan pelaksanaan operasi pembangunan.

Selain itu, JICA juga terkenal karena sering mengirim orang muda atau tua kepada negara berkembang sebagai korps pertolongan. Saat mengunjungi OPD Kabupaten Kepulauan Meranti, Tim Ahli juga membawa seorang mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. (san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com