Bupati Irwan: Mari Kita Teladani Perjuangan Para Pahlawan

Dibaca: 147 kali  Sabtu,11 November 2017 | 09:12:00 WIB

Bupati Irwan: Mari Kita Teladani Perjuangan Para Pahlawan
Ket Foto : Foto bersama usai upacara hari pahlawan tahun 2017

SELATPANJANG - Sempena peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengajak seluruh masyarakat dapat menjadi pahlawan bagi diri, lingkungan, bangsa dan negara.

"Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarak untuk berjuang bekerja dan berkarya jadilah pahlawan bagi diri, keluarga, lingkungan, masyarakat dan negeri ini," ujar Bupati, saat menjadi Pembina Upacara Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati, Jumat 10 November 2017.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memaknai pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dalam mengisi Kemerdekaan saat ini.

Peristiwa perang 10 November 1945 di Surabaya melawan penjajah dapat menjadi pelajaran bagi semua, bahwa keterbatasan tidak menyurutkan semangat perjuangan para pahlawan ketika itu. Perjuangan para pahlawan yang penuh indealisme dengan mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan.

"Mental dan karakter pahlawan inilah yang harus kita tiru," ucap Bupati Irwan.

Lebih jauh dijelaskan Bupati bahwa kini zaman sudah berbeda, perjuangan tidak cukup hanya mengandalkan patriotisme preventif atau sekedar mempertahankan kemerdekaan, namun yang diperlukan saat ini perjuangan untuk memperbaiki negeri agar dapat keluar dari berbagai masalah yang dihadapi.

Untuk itu, ingatnya, semua kelemahan kelemahan seperti sering tidak percaya diri, tidak percaya antara satu dan yang lain, kurang gigih, kurangnya rasa hormat terhadap pemimpin dan bangsa harus dihindari.

Revolusi mental harus dilakukan dalam mengubah cara berfikir, cara kerja, cara hidup yang lebih baik agar muncul manusia indonesia yang berhati putih, bermental baja, berjiwa api yang selalu berkobar dalam rangka membangun bangsa dan negara mewujudkan indonesia yang sejahtera.

Mencapai cita-cita bangsa memang berat butuh perjuangan, ketabahan dan penuh harapan.

"Ibarat ingin mendapatkan sebuah mutiara yang indah kita harus menyelam ke dalam lautan yang dalam, jika tidak mustahil di dapat," jelas Bupati.

"Mari kita teladani perjuangan pahlawan ini yang pantang menyerah, jujur dan adil serta percaya pada kemampuan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan dan cinta tanah air," ungkap Bupati mengakhiri.

Hal senada juga dikatakan oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim yang menekankan perlunya menanamkan semangat kepahlawanan di dalam diri generasi penerus bangsa, salah satunya dengan belajar sungguh-sungguh dan menghindari segala bentuk kekuatan yang dapat merusak mental seperti narkoba dan pergaulan bebas.

"Dengan tubuh dan mental yang sehat tentu kita sebagai generasi penerus bangsa dapat mewujudkan cita-cita pahlawan menuju indonesia yang sejahtera," ujar Wakil Bupati.

Wakil Ketua DPRD Meranti Muzamil juga mengajak kepada generasi penerus bangsa untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik agar lebih siap melanjutkan perjuangan bangsa demi indonesia yang lebih baik lagi di masa datang. (rls/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com