Pemkab Kepulauan Meranti Raih Nilai SAKIP B

Dibaca: 181 kali  Senin,20 November 2017 | 11:15:00 WIB

Pemkab Kepulauan Meranti Raih Nilai SAKIP B
Ket Foto : Sekda Yulian Norwis menyampaikan sambutannya

SELATPANJANG - Berkat kerja keras Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan jajaran pegawai Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik, mengantarkan Pemda Meranti meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) B, meski nilai tersebut masih dibawah yang ditargetkan yakni BB atau B+ namun Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi atas usaha dan kerjasama seluruh jajaran pegawai Pemerintah Daerah, iapun meminta prestasi itu dapat ditingkatkan atau setidaknya dipertahankan.

"Saya sampaikan, SAKIP kita telah naik level menjadi B, meski di bawah target yakni BB atau B+ namun hasil ini sudah cukup baik, ke depan saya harapkan semua Kepala OPD lebih mengerti tentang apa yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekretaris Daerah saat bertindak sebagai pembina Upacara Gabungan OPD, di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Senin 20 November 2017.

Seperti diketahui untuk meningkatkan nilai SAKIP, yang menjadi indikator utama adalah seberapa besar OPD dapat melaksanakan program kegiatan secara akuntabel, cepat, tepat, serta efisien yang berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, baik dari segi infrastruktur maupun sumberdaya manusia yang didukung dengan pelaporan keuangan dan dokumentasi real di lapangan.

Sekda juga menghimbau kepada OPD yang masih belum bisa meningkatkan SAKIP nya agar dapat meningkatkannya. "Kedepan semua OPD harus dapat meningkatkan kinerja dan pelaporannya dengan baik," ucap Sekda.

Seperti diberitakan sebelumnya nilai SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti termasuk yang terendah di banding Kabupaten Kota lainnya di Riau, namun dengan diraihnya hasil ini B, menempatkan Meranti menjadi salah satu yang terbaik.

"Semua pegawai harus bisa menyiapkan laporan dokumentasi sesuai pelaksanaan di lapangan, terus tingkatkan kinerja dan pelayanan publik agar prestasi ini dapat kita tingkatkan ke depan," harap Sekda.

Lebih jauh dijelaskan Sekda, bukan hanya nilai SAKIP Meranti yang naik level, dalam hal pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-udangan. Kabupaten Meranti juga meraih Level III Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Daerah.

Semua hasil itu menurut Sekda, tak terlepas dari seberapa besar pegawai mentaati peraturan dan disiplin yang telah ditetapkan. Dihadapan seluruh peserta upacara tak bosannya Sekda mengingatkan kepada pegawai untuk lebih meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Disiplin menurutnya hendaklah datang dari diri sendiri bukan didasari atas takut terhadap pimpinan, karena hal itu sesuai dengan sumpah dan janji yang telah diucapkan oleh semua pegawai.

"Dalam pelaksanaan disiplin yang terpenting adalah kesadaran kita jangan karena takut kepada atasan, semoga semua pekerjaan dapat kita laksanakan dengan baik, penuh rasa tanggung jawab," pungkas Sekda. (rls)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com