Mekong Cup ke-15 Digelar Januari 2018

Dibaca: 226 kali  Kamis,30 November 2017 | 06:37:00 WIB

Mekong Cup ke-15 Digelar Januari 2018
Ket Foto : Masyarakat antusias menonton turnamen Mekong Cup tahun lalu

SELATPANJANG - Desa Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau, kembali akan menggelar turnamen sepakbola tahunan. Iven bergengsi untuk tingkat desa itu rencananya digelar pada bulan Januari 2018.

Demikian disampaikan Kepala Desa Mekong, A Rahman S, di Selatpanjang, Kamis 30 November 2017. "Januari 2018 kita gelar turnamen sepakbola Mekong Cup ke-15," ujarnya kepada wartawan.

Disampaikan A Rahman, pada saat pembukaan nantinya, panitia akan mendatangkan tim dari Singapura. Tim tamu akan bermain di partai eksebisi melawan tim pemenang pada Mekong Cup ke-14 tahun 2017.

"Kemarin kami sudah ke Singapura, mereka siap memeriahkan pembukaan Mekong Cup ke-15," kata A Rahman.

Lalu, untuk pelaksanaan nantinya, panitia juga mengundang tim sepakbola dari beberapa kabupaten lainnya di Riau, seperti Bengkalis, Siak, Dumai, dan lainnya.

Sementara tim tuan rumah, A Rahman S memastikan mereka tak lagi menyiapkan (tim khusus). Tahun 2018 Desa Mekong hanya menurunkan anak-anak asli tempatan untuk memperkuat tuan rumah. Tidak lagi mendatangkan pemain dari luar (bon).

"Biarlah kalah, kita tak lagi menyiapkan tim khusus seperti tahun-tahun kemarin. Biayanya sangat besar mendatangkan pemain dari luar," cerita A Rahman.

Ditambahkan Kades 3 periode di Desa Mekong ini lagi, ia ingin setiap Desa di Kepulauan Meranti ada tim kuat yang bisa diandalkan. Tim kuat itu bisa bertahan hingga tahun-tahun kedepannya dan melalui turnamen inilah sebagai ajang ujicoba sekaligus mengharumkan nama desa.

Turnamen sepakbola Mekong Cup di Desa Mekong sudah digelar sebanyak 15 kali berturut-turut (15 tahun, red). Sebenarnya, turnamen tahunan itu telah dilaksanakan sebanyak 25 kali atau 25 tahun berturut-turut.

Awalnya diberi nama Purnama Cup (diambil dari nama tim sepakbola tuan rumah, Purnama). Namun, seiring pemekaran desa, iven olahraga tahunan itu berganti menjadi Mekong Cup.

"Kita bawa nama desa agar menjadi ciri khas tersendiri. Ketika orang menyebut Mekong, maka akan ingat Mekong Cup, turnamen sepakbola tahunan," cerita A Rahman.

Tahun 2017, di partai final, dua-duanya tim tuan rumah. Mekong A terdiri dari pemuda desa Mekong bergabung dengan pemain luar (bon) melawan Mekong B yang merupakan gabungan pemuda-pemuda tempatan. Mekong A berhasil mengalahkan Mekong B dengan skor tipis 1:0.

Jadi, persiapkan tim terbaik anda untuk berpartisipasi dan menjadi peserta di Mekong Cup ke-15 tahun 2018. (rls)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com