Masa Reses Muzamil Temui Konstituen di Dua Desa

Dibaca: 151 kali  Kamis,07 Desember 2017 | 11:08:00 WIB

Masa Reses Muzamil Temui Konstituen di Dua Desa
Ket Foto : Kegiatan reses Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Muzamil, di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Rabu

SELATPANJANG - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Muzamil dari Partai Demokrat, menggelar kegiatan reses masa persidangan ke-3 tahun 2017, dengan menemui konstituen di dua desa dalam daerah pemilihannya (Dapil).

Kegiatan pertemuan reses pertama, Rabu 6 Desember 2017, digelar mulai pukul 14.00 WIB di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, dan dilanjutkan pada Rabu malam mulai pukul 20.00 WIB di Desa Bina Maju, Kecamatan Rangsang Barat.

Hadir dalam kegiatan itu sejumlah unsur Pemerintahan Desa setempat, perwakilan Polsek Rangsang Barat, tokoh masyarakat dan berbagai unsur lapisan masyarakat setempat lainnya.

Dihadapan masyarakat, Muzamil menjelaskan reses adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang. Masa reses mengikuti masa persidangan, yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun atau 14 kali reses dalam periode 5 tahun masa jabatan DPRD.

Kegiatan reses diisi dengan menjumpai konstituen di daerah pemilihan masing-masing anggota DPRD, dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan yang dikenal dengan kunjungan kerja.

Reses merupakan komunikasi dua arah antara setiap anggota legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala, yang merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

"Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil, sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Muzamil menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait kondisi keuangan daerah Kabupaten Kepulauan Meranti yang sangat terbatas. Dia mengharapkan masyarakat tetap optimis terhadap kelangsungan pembangunan dengan memanfaatkan potensi daerah.

Dikatakannya, DAU dan DAK Kepulauan Meranti mulai berkurang dan pendapatan bagi hasil minyak dan gas bumi tidak bisa diutamakan. Namun Pulau Rangsang punya potensi strategis sebagai pulau terdepan yang masuk dalam rencana program pembangunan pemerintah pusat.

"Kedepan kita berharap semua lapisan masyarakat dapat bekerjasama, saling mendukung dan bantu-membantu dalam menyuarakan kepentingan dan kebaikan masyarakat. Dengan terjalinnya kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak, negeri kita makmur dan sejahtera," ucapnya.

Sementara itu, Abu Darsin mewakili masyarakat Desa Bina Maju mengaku bahagia dengan kunjungan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, karena tidak mudah mendapatkan kesempatan untuk dapat bertatap muka secara langsung untuk menyampaikan aspirasi.

"Kita tahu dengan jadwal Bapak yang padat, mari kita cermati acara reses ini dengan baik, mudah-mudahan akan memberikan dampak baik bagi desa kita," ujarnya. (rls/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com