Peserta MTQ Riau asal Meranti Sudah Bertolak ke Dumai

Dibaca: 168 kali  Kamis,07 Desember 2017 | 02:37:00 WIB

Peserta MTQ Riau asal Meranti Sudah Bertolak ke Dumai
Ket Foto : Keberangkatan peserta di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim, sudah melepas keberangkatan Qori dan Qoriah Kepulauan Meranti ke ajang MTQ tingkat Provinsi Riau Ke-36 di Kota Dumai, di Masjid Agung Darul Ulum, Jalan Siak, Selatpanjang, Kamis 7 Desember 2017.

Turut hadir pada acara pelepasan itu, Ketua LPTQ Zulkhairil, Anggota DPRD Zubiarsyah, Asisten III Setda Meranti Tengku Akhrial, Asisten I Setda Meranti Jonizar, para Kepala OPD, Camat, Ketua MUI Kepulauan Meranti, para pejabat instansi vertikal dan lainnya.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti berpesan kepada semua peserta untuk berjuang dengan ikhlas, tertib, aman dan lancar sampai kembali dengan selamat ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Menurutnya, meraih prestasi merupakan suatu yang penting, namun yang terpenting dan menjadi tujuan hakiki adalah bagaimana ilmu yang didapat dari baca, tulis dan hafal Al-Quran bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Target kita tak muluk-muluk, yang terpenting para Qori berjuang dengan ikhlas, tertib, aman dan lancar, kembali dengan selamat untuk mengaplikasikan bacaan yang benar dari kandungan Al-Quran dalam kehidupan, mulai dari keluarga dan lingkungan," ujarnya.

Diingatkannya, jangan sampai setelah mengikuti MTQ itu semua selesai tanpa memberikan manfaat bagi diri dan masyarakat, karena tujuan sesungguhnya dari kegiatan itu adalah bagaimana isi kandungan yang terdapat dalam Al-Quran dapat dipahami dan praktekkan dalam kehidupan.

"Jangan sampai habis lomba semua hilang, tapi mari kita aplikasikan dalam kehidupan kita, inilah sesungguhnya yang diharapkan," ujarnya lagi.

Demi aman dan lancarnya peserta mengikuti MTQ Ke-36 tingkat Provinsi itu, Wabup juga berpesan kepada peserta yang merupakan putra-putri terbaik Kepulauan Meranti agar selalu berkomunikasi dengan Official terkait berbagai masalah yang dihadapi.

"Anak kami selalulah berkomunikasi dengan Official menyangkut kesehatan dan kenyamanan serta masalah lainnya, sehingga dapat dicarikan solusi, jangan sampai didiamkan," ucap Wakil Bupati.

Akhir kata, Wabup meminta para Qori dan Qoriah untuk meminta restu dari para orang tua dan guru, karena hanya dengan doa dan restu merekalah apa yang diharapkan dapat diraih. "Jangan lupa minta restu orang tua dan guru," ucapnya.

Sementara itu, Pengurus LPTQ Kepulauan Meranti Zulkhairil mengungkapkan, seluruh persiapan para peserta untuk mengikuti ajang MTQ tingkat Provinsi Riau itu telah rampung.

Jumlah peserta yang diberangkatkan sebanyak 50 orang, dengan rincian 48 orang peserta ditambah 2 cadangan. Seluruh peserta diakuinya merupakan putra-putri terbaik asli Kepulauan Meranti yang diyakini mampu mengharumkan nama daerah diajang bergengsi itu.

Cabang yang diikuti meliputi Tartil Quran, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Tilawah Cacat Netra, Qiraah Sabah Mujawad Dewasa, Tafsir Bahasa Inggris, Tafsir Bahasa Indonesia, Hifzil dan Tilawah, Khat Hiasan Mushaf, Khat Naskah, Khat Dekorasi, Khat Kontemporer, serta Syahril Quran.

"Kepada peserta mari kita tunjukkan prestasi karena ini adalah amanah, namum jangan dianggap berat, tampilah dengan ikhlas sebagaimana yang diajarkan pelatih dan pendamping, semoga mendapatkan hasil maksimal," ujarnya.

Tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kepulauan Meranti yang telah memberikan perhatian penuh terhadap prestasi dan perkembangan Qori dan Qoriah peserta MTQ Riau yang merupakan perwakilan dari seluruh Kecamatan yang ada.

"Ini wujud nyata dari Pemda Meranti dalam meningkatkan kemampuan putra putri Meranti dalam hal baca, tulis dan hafal Al-Quran bagi Qori dan Qoriah yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kepulauan Meranti," jelasnya.

Zulkhairil juga mengucapkan terima kasih kepada para guru mengaji yang berada di kampung-kampung, yang telah mendiidk para Qori dan Qoriah itu. Menurutnya, LPTQ hanya merekrut bibit bibit yang telah dibentuk dan dibimbing oleh para guru mengaji di kampung. (rls/pnd/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com