Operasi Lilin 2017 di Kepulauan Meranti Mulai Digelar

Dibaca: 334 kali  Jumat,22 Desember 2017 | 09:37:00 WIB

Operasi Lilin 2017 di Kepulauan Meranti Mulai Digelar
Ket Foto : Rapat lintas sektoral terkait Operasi Lilin 2017 di ruang rapat Mapolres Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Operasi Lilin 2017 oleh Polres Kepulauan Meranti ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres, Kamis 21 Desember 2017. Apel dalam rangka menjamin kondusifitas pelaksanaan Natal dan Tahun Baru itu turut dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim.

Menyikapi pelaksanaan Operasi Lilin 2017 tersebut, Wakil Bupati berharap pihak keamanan dapat menjamin kondusifitas di Kepulauan Meranti dengan mengantisipasi segala bentuk kerawanan, khususnya di titik-titik keramaian mulai dari pasar, pelabuhan dan tempat hiburan masyarakat.

"Saya harap pada perayaan natal dan tahun baru nanti masyarakat merasakan keamanan, kenyamanan dan bebas dari hambatan terutama di pusat keramaian seperti pelabuhan salah satu tempat yang terpadat," ujar Wakil Bupati.

Ia meminta kepada seluruh pihak terkait mulai dari KSOP, Dinas Perhubungan, Kepolisian, Angkatan laut dapat mengawasi penumpang yang menggunakan pelabuhan.

"Jangan sampai terjadi lagi jembatan ambruk dan situasi lainnya yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan," jelasnya.

Begitu juga menyangkut transportasi laut tradisional Kempang diminta kepada Dinas Perhubungan untuk memeriksa kelayakan body, mesin, sarana penyelamatan (pelampung), dan Kapten Kapal harus bebas dari obat terlarang dan minuman keras.

Iapun meminta kepada pihak keamanan segera mengambil tindakan jika menemukan kerawanan kamtibmas dan situasi lain yang menimbulkan ketidaknyamanan.

"Jika menemukan potensi kerawanan saya minta segera ambil tindakan karena mencegah lebih baik dari pada menanggulangi yang sudah terjadi," pungkasnya.

Menyikapi permintaan Wakil Bupati, Kapolres AKBP. La Ode Proyek menegaskan, untuk melakukan pengamanan dalam Operasi Lilin 2017, telah mengerahkan personil disemua titik keramaian yang penuh aktifitas publik. Mulai dari pasar, Bank, Pelabuhan, Taman Kota dan lainnya.

Tak tangung-tanggung, sebanyak 150 personel dikerahkan di setiap dititik titik keramaian itu, hingga pelaksanaan tahun baru mendatang.

"Saya tekankan kepada seluruh anggota untuk menjamin kenyamanan masyarakat, aktifitas yang dilakukan selama natal dan tahun baru tanpa gangguan dan hambatan," ujarnya.

Kapolres juga meminta kepada seluruh anggota untuk melakukan pengamanan ekstra dibanding dengan pengamanan hari biasa.

"Kepada anggota lakukan pengamanan ekstra dengan tindakan prefentif dan persuasif jangan sampai kehadiran kita justru menimbulkan situasi yang tak nyaman," tegas Kapolres.

Sekedar informasi, dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin di Mapolres Kepulauan Meranti diikuti oleh Anggota Kepolisian, TNI AD, TNI AL, Dinas Pehubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, juga dihadiri Ketua MUI Meranti serta tokoh masyarakat lainnya. (rls/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com