Pejabat Pemkab Meranti Diajak Prihatin Dengan Kondisi Masyarakat

Dibaca: 343 kali  Jumat,05 Januari 2018 | 04:39:00 WIB

Pejabat Pemkab Meranti Diajak Prihatin Dengan Kondisi Masyarakat
Ket Foto : Prosesi pelantikan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Jumat 5 Januari 2018

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim mengajak seluruh pejabat di daerah ini prihatin dengan kondisi kehidupan masyarakat, khususnya untuk mendapatkan pelayanan yang optimal dari pemerintah.

Ajakan itu disampaikan Wabup saat memimpin acara pelantikan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, di lapangan Afifa Sport Center, Jalan Banglas, Selatpanjang, Jumat 5 Januari 2018.

"Masyarakat menanti kerja optimal kita, dimana daerah ini masih tinggi kemiskinan dan masih terisolir, masyarakat harus membayar mahal untuk datang ke ibukota kabupaten guna mendapatkan pelayanan," ungkapnya.

Untuk memacu pembangunan di daerah ini, Wabup mengharapkan kejelian seluruh pemangku jabatan, terutama dalam mengejar perolehan program dan anggaran di tingkat pemerintah pusat dan provinsi.

"Yang ada di APBN dan di APBD Riau termasuk hak masyarakat Kepulauan Meranti, untuk itu perlu kejelian seperti dengan membuat proposal dan menyampaikan data yang valid dan benar ke tingkat provinsi dan nasional," ujarnya.

Ditegaskannya, pejabat yang cuma bermain di APBD Kabupaten nantinya akan segera dievaluasi kembali, karena jabatan tidak akan menunggu waktu lama, untuk itu penting menjalin hubungan dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat.

"Seperti hari ini pemerintah pusat memberikan perhatian yang besar terhadap pemerintah desa, untuk itu optimalkan peran dan kinerja jajaran pemerintah desa. Jangan biarkan Kepala Desa hanyut dengan ketidaktahuannya," ingat Wabup.

Dijelaskannya, proses pengisian jabatan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, melalui mekanisme dengan mempertimbangkan aspek kualifikasi, kinerja dan kompetensi jabatan, sesuai amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara.

Jabatan, kata Wabup, merupakan tanggung jawab, dimana pejabatnya bersumpah akan menjalankannya dengan baik demi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, bagi yang dilantik bertugaslah seperti yang diharapkan masyarakat melalui Kepala Daerah.

Menurutnya, seluruh jajaran perlu saling dukung mendukung, karena kinerja akan lebih baik jika berbagai sektor saling bekerja sama, sesuai dengan aturan dan tidak hanya saling menyalahkan.

Namun begitu, pintanya, kewaspadaan dan mempelajari berbagai hal harus dikedepankan, sehingga para pejabat tidak terbelit dengan pelanggaran hukum.

Adapun pejabat yang dilantik berjumlah 228 orang, terdiri dari eselon II sebanyak 3 orang, eselon III sebanyak 65 orang dan eselon IV sebanyak 160 orang.

Hadir pula pada acara itu Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan, Kapolres AKBP La Ode Proyek, para Staf Ahli dan Asisten Setdakab, para Kepala Badan, Dinas, Kantor, serta para istri atau suami pejabat yang dilantik. (san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com