Puluhan Polisi Bentrok di Lapangan Gelora Selatpanjang

Dibaca: 1486 kali  Rabu,31 Januari 2018 | 01:42:00 WIB

Puluhan Polisi Bentrok di Lapangan Gelora Selatpanjang
Ket Foto : Simulasi pengendalian massa oleh Pasukan Dalmas Polres Kepulauan Meranti di Selatpanjang, Rabu 31 Januari 2018

SELATPANJANG - Puluhan aparat Kepolisian terlibat bentrok fisik di Lapangan Gelora Selatpanjang. Aksi saling pukul dan lemparan tidak terelakkan, karena upaya negosiasi tidak membuahkan hasil kesepakatan dan berujung aksi anarkis para pengunjukrasa, Rabu 31 Januari 2018.

Melihat kondisi itu, pihak Kepolisian langsung memperketat pengamanan dengan menurunkan Pasukan Pengendali Massa (Dalmas) yang dilengkapi dengan tongkat dan tameng. Tim Dalmas dengan kendaraan roda dua yang dilengkapi gas air mata juga ikut dikerahkan.

Saat itu salah seorang pengunjukrasa menjadi korban. Meski sempat bersikap anarkis, tapi korban harus tetap diselamatkan, sehingga tidak lama kemudian tim kesehatan di bantu kepolisian mencoba memberikan pertolongan.

Akhirnya berkat kesigapan aparat keamanan yang dibantu mobil pemadam kebakaran yang menyemprotkan air kearah kerumunan massa, berhasil memukul mundur pengunjukrasa hingga situasi dapat kembali kondusif.

Bentrok fisik itu merupakan bagian dari simulasi jajaran Polres Kepulauan Meranti dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018, yang dipimpin Kapolres AKBP La Ode Proyek, SH dan dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim.

Wabup Said Hasyim mengapresiasi terlaksananya acara tersebut. Menurutnya simulasi pengamanan Pilkada sangat penting dalam mempersiapkan diri mengantisipasi segala bentuk potensi kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban.

"Semoga dengan kegiatan ini aparat keamanan lebih siap mengantisipasi segala bentuk ancaman dan gangguang dalam Pilkada mendatang," ucap Wakil Bupati Said Hasyim didampingi Kapolres.

Meski pihak keamanan telah siap mengantisipasi segala bentuk kerawanan yang bakal terjadi, namun Wakil Bupati berharap seraya mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan cerdas, sehingga terus tercipta keamanan dan kondusifitas daerah.

"Mari bersama kita ciptakan keamanan dan ketertiban dalam Pilkada ini, berdemokrasilah dengan cerdas, jangan sampai membuat rusuh yang pada akhirnya akan merugikan kita sendiri, jika Meranti aman dan nyaman yang diuntungkan adalah kita semua," ucap Wakil Bupati.

Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, Edi Masyhudi, Ketua MUI H. Mustafa, Kakan Kemenag Meranti, Sekretaris KPU Meranti, Perwakilan Panwaslu, Kasi Pidum Kejari, perwakilan Koramil Tebing Tinggi dan lainnya. (san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com