Pemkab Meranti Data Krisis Lahan Suku Akit

Dibaca: 1313 kali  Senin,10 Juni 2013 | 10:41:00 WIB

Pemkab Meranti Data Krisis Lahan Suku Akit
Ket Foto : ilustrasi

SELATPANJANG - Dinas Sosial, Tenagakerja dan Transmigrasi Pemkab Kepulauan Meranti berupaya menyelesaikan krisis lahan warga Suku Akit di Desa Kepau Baru Kecamatan Tebingtinggi Timur. Untuk tahap awal, Dinas meminta Pemerintah Desa setempat melakukan pendataan lahan penduduknya.

''Data itu nantinya bisa menjadi acuan bagi Pemkab untuk segera menyelesaikan krisis lahan di desa suku Akit tersebut,'' kata Kepala Dinsosnakertrans Kepulauan Meranti, Drs Askandar, baru-baru ini.

Dia juga menuturkan, Pemkab tidak akan berdiam diri dengan kondisi tersebut dan akan mencari solusi secepatnya. Menyediakan lahan sekaligus membuat surat kepemilikan bagi warga desa setempat merupakan langkah awal.

''Maka, jika datanya sudah ada, berapa jumlah dan siapa saja orangnya, kita tinggal berkoordinasi seberapa banyak lahan yang diperlukan dan akan kita buat suratnya,''sebut Kadis dilansir halloriau.com.

Selain itu, Pemkab juga mendapat anggaran dari pusat untuk pembangunan rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT). Meski tidak banyak, namun menurut Askandar, dari anggaran ini bisa membantu suku Akit Kepau Baru yang termasuk dalam kategori KAT.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com