Industri Pembuatan Gula Kelapa Tumbuh Pesat

Dibaca: 1887 kali  Rabu,19 Juni 2013 | 10:47:00 WIB

Industri Pembuatan Gula Kelapa Tumbuh Pesat
Ket Foto :



Camat Tebing Tinggi Timur, Helfandi mengatakan, hampir setiap rumah petani sekarang ini memiliki dapur pengolah gula kelapa. Ada yang bergerak sendiri-sendiri, ada pula yang membentuk kelompok usaha bersama.

“Di Tebing Tinggi Timur sekarang ini home industry pembuatan gula kelapa tumbuh pesat. Paling tidak ada 40 unit KUB yang mengolah pembuatan gula kelapa. Dalam satu bulan, Tebing Tinggi Timur mampu menghasilkan 40 ton gula kelapa yang dikelola secara tradisional dengan kualitas ekspor,” ungkap Helfandi.

Menurut Camat Helfandi, tingginya harga pasaran gula kelapa menarik perhatian para petani dan buruh kelapa untuk mengolah pembuatan gula kelapa. Berdasarkan survey, harga gula kelapa di pasaran lokal terus menanjak. Kalau pada hari biasa, harga gula kelapa di Tebing Tinggi Timur berkisar Rp8000-9000 per kilogram. Diperkirakan menjelang Ramadhan, harganya akan mencapai Rp10.000 per kilogram.

“Memang ada permintaan dari luar daerah seperti Siak, Bengkalis dan Batam. Namun, kita masih terkendala pada kemampuan petani untuk menstabilkan produksinya. Untuk itu, ada rencana Pemda Kecamatan Tebing Tinggi Timur untuk mematenkan produk gula kelapa ini sebagai produk unggulan daerah. Harapannya, ada kommitmen dari Pemda untuk memberikan pelatihan pada petani gula dan mencarikan pangsa pasar yang lebih permanen. Kalau ini dilakukan, kita optimis petani kelapa di Meranti akan lebih bergairah,” tandas Helfandi dilansir haluankepri.com.

Apalagi melorotnya harga kelapa bulat di Malaysia membuat para petani dan buruh kelapa beramai-ramai alih profesi dari petani kelapa menjadi pengolah gula kelapa. Hasil produksi dan pendapatan petani dirasakan lebih menjanjikan.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com