Delapan Titik Api Terpantau di Sejumlah Kecamatan

Dibaca: 1593 kali  Jumat,21 Juni 2013 | 11:24:00 WIB

Delapan Titik Api Terpantau di Sejumlah Kecamatan
Ket Foto :

SELATPANJANG  - Walaupun kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan asap urban atau kiriman dari daerah lainnya di Riau ataupun luar Riau, namun terdapat sebanyak delapan titik api yang tersebar di wilayah Kepulauan Meranti.

Dengan kondisi itu Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kepulauan Meranti telah menginstruksikan kepada seluruh camat melalui surat agar dapat menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya membakar lahan.

Kepala Dishutbun Kepulauan Meranti, Ir Mamun Murod MM MH menuturkan sejumlah daerah yang terpantau terdapat titik api di antaranya Desa Bungur Kecamatan Rangsang, Desa Lukun Kecamatan Tebing Tinggi Timur di wilayah Pulau Padang dan sejumlah wilayah lainnya.

‘’Asap yang menyelimuti daerah kita sangat dominan berasal dari luar Meranti, walaupaun ada terdapat titik api di Meranti, namun tidak parah yang mengakibatkan kabut asap,’’ ungkap Murod, Kamis (20/6) dalam kesibukannya membagi-bagikan sebanyak 2.500 masker kepada masyarakat. Pemberian masker itu sendiri dilaksanakan di simpang empat Jalan Merdeka-Imam Bonjol atau di dekat pasar sandang pangan Selatpanjang.

Menurutnya peran camat sangat penting dalam upaya mengajak masyarakat agar tidak membakar lahan. Ditanya pencegahan, Murod mengakui saat ini keterbatasan personel dan belum adanya Polhut menjadikan kendala baginya untuk lebih maksimal lagi menjalankan pencegahan.

‘’Selain personel yang sangat minim, kita juga tidak memiliki peralatan yang cukup. Makanya kita akan terus berupaya untuk melakukan terbaik termasuk salah satunya dengan membagi-bagikan masker ini kepada seluruh masyarakat,’’ katanya dilansir riaupos.co.id.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com