Bupati Meranti Minta Warga Makmurkan Masjid

Dibaca: 1205 kali  Selasa,25 Juni 2013 | 11:57:00 WIB

Bupati Meranti Minta Warga Makmurkan Masjid
Ket Foto :

SELATPANJANG -  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tetap menjadikan pembangunan keagamaan sebagai program tak terpisahkan dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Meranti. Sebagai realisasinya, setiap tahun anggaran terus digulirkan untuk kemakmuran masjid dan rumah ibadah lain. Alokasi anggaran harus benar-benar dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat.

Hal ini diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir dalam sambutannya saat peringatan Isra Miraj di Masjid Agung Kecamatan Bantar Rangsang Barat beberapa waktu lalu.

“Sudah banyak bantuan untuk masjid digelontorkan Pemda. Manfaatkan semaksimal mungkin untuk pembinaan umat. Jangan sampai, masjid ditinggalkan jemaahnya. Manfaatkan peringatan Isra Miraj sebagai titik awal untuk kembali memakmurkan masjid. Jadikan masjid sebagai perekat sendi kehidupan masyarakat,” papar Irwan dilansir haluankepri.com.

Pengaruh globlasiasi yang ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi, lanjut Bupati, telah membiasakan umat pada kehidupan individualistik. Budaya gotong royong dan saling asah-asuh mulai luntur. Dulu, masjid sering diramaikan dengan berbagai kegiatan mengaji, ceramah agama dan tempat bermufakat dalam membangun ummat. Tap kini, masjid kehilangan perannya. Banyak masjid megah dan besar di bangun, tapi jumlah jemaahnya menyusut. Ada kecendrungan jemaah yang rutin datang ke masjid didominasi oleh golongan usia lanjut. Nilai-nilai seperti ini harus kembali dibangun.

“Dulu, saat kecil menjelang masuk waktu sholat, kami sering berebutan mengaji dengan mikrofon. Tapi sekarang sudah berubah. Bukan lagi suara anak mengaji, tapi bunyi kaset yang berkumandang melapalkan ayat suci. Adzan pun pakai kaset. Memang betul bagian dari teknologi, tapi benarkah di kampung sudah tidak ada hafiz Quran. Apakah masjid tak lagi menjadi pusat pembinaan umat, tempat anak mengaji? Kalau ini terjadi, sangat disayangkan sekali, soalnya Pemda Meranti begitu semangat menggelontorkan dana untuk masjid,”  tandas Irwan. (rep2)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com