Disparpora: Tasik Nambus, Obyek Wisata Andalan Meranti

Dibaca: 3994 kali  Selasa,19 Maret 2013 | 04:38:00 WIB

Disparpora: Tasik Nambus, Obyek Wisata Andalan Meranti
Ket Foto :

Wancana pengembangan Tasik Nambus sebagai obyek wisata unggulan di Kabupaten Kepulauan Meranti tampaknya bakal terwujud.Pasalnya, pada tahun 2013 ini Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti sedang menyiapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Rippda).

"Persiapan penataan kawasan Tasik Nambus akan dilakukan tahun 2013 ini, sementara pembangunan fisiknya akan dilaksanakan tahun 2014 mendatang," ungkap Kepala Disparpora Kepulauan Meranti H Ishak Israi melalui Kabid Pariwisata H Ismail Arsyad kepada wartawan di ruang kerjanya.

Dikatakan, seluruh objek wiasata yang ada dalam wilayah Kepulauan Meranti akan dilakukan pengembangan secara bertahap.

"Sedangkan untuk penataan kawasan Tasik Putri Puyu di Pulau Padang akan kita usulkan ke Pemkab Meranti pada tahun 2014 memdatang, dan pengembangan fisiknya tahun 2015. Begitu juga dengan Tasik Air Putih, kita akan usulkan penataan kawasannya pada 2015 dan pembangunan fisiknya tahun 2016. Artinya, seluruh kawasan obyek wisata yang ada di Kepulauan Meranti ini akan kita akomidir. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena Disparpora tetap akan melakukan pengembangan terhadap obyek-obyek wisata yang terdapat pada seluruh wilayah di Meranti ini," tuturnya.

Untuk penataan kawasan pariwisata tersebut, sambungnya, Disparpora Meranti akan mendatangkan tenaga ahli kepariwisataan dari Provinsi Riau.

"Hal itu dilakukan agar pengembangan pariwisata di Meranti berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Selain itu untuk menghindari adanya tumpang tindih," sebut Ismail.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Disparpora Meranti H Ishak Israi menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait lainnya, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kehutan (Dishut) serta pihak pemerintah kecamatan setempat, untuk membicarakan wacana penataan kawasan wilayah Tasik Nambus tersebut.

Menurut Ishak, terkait pengembangan obyek wisata di Kepulauan Meranti, Disparpora tidak bisa bekerja sendiri.

"Sangat dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari kalangan masyarakat, khususnya masyarakat yang berdomisili di sekitar obyek wisata tersebut. Untuk itu kita mengharapkan dukungan dan kerja sama seluruh kalangan masyarakat, khususnya dalam menciptakan kondisi aman dan kondusif," ungkapnya. (rep02)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com