Desa Tanjung Peranap Dinilai Rawan Proyek Siluman

Dibaca: 1575 kali  Selasa,19 Maret 2013 | 06:47:00 WIB

Desa Tanjung Peranap Dinilai Rawan Proyek Siluman
Ket Foto :

SELATPANJANG –Kekesalan warga Desa Tanjung Peranap Kecamatan Tebingtinggi Barat mulai mengemuka terhadap pengerjaan sejumlah proyek di desa ini. Warga menganggap proyek yang masuk ke desanya seperti siluman, karena sering tindak diketahui pihak mana yang mengerjakannya.

Seperti yang diungkapkan Pejabat Pembantu Pencatat Nikah (P3N) Desa Tanjung Peranap, H Dahlan, baru-baru ini di Kampung Balak. Salah satu proyek yang tidak tuntas dan mengundang kekesalan masyarakat, yakni proyek pembangunan gedung perpustakaan di SD Negeri 06 Desa Tanjung Peranap.

“Gedung perpustakaan di SD itu dibangun melalui APBD Kepulauan Meranti tahun anggaran 2012 lalu, sampai sekarang terbengkalai alias tidak rampung,” ungkapnya.

Ia menuturkan, banyak hal aneh yang terjadi setiap kali proyek bangunan pemerintah daerah masuk ke desa ini. Salah satunya yakni rekanan atau kontraktor sangat jarang terlihat memasang papan pengumuman proyek.
 
“Selain itu tidak pula melapor kepada pemerintah desa setempat. Jangankan memasang papan plang, melapor saja tidak pernah, sehingga proyek yang masuk ke desa ini sulit untuk diketahui, seakan-akan proyek siluman tidak tahu kita CV atau PT apa dan berapa nilai bangunannya,” ucap Dahlan.

Selain itu, lanjut Dahlan, kegiatan pengawasan juga tidak pernah terpantau dari pihak terkait. Menurutnya, masyarakat sangat mengharapkan kepada instansi terkait agar setiap proyek bangunan yang diturunkan dapat diawasi langsung dengan turun ke lapangan. Karena setiap proyek di setiap desa itu adalah uang rakyat. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com