Asyik, 25 KUB di Rangsang Barat Terima Bantuan Dana

Dibaca: 1110 kali  Selasa,19 Maret 2013 | 06:51:00 WIB

Asyik, 25 KUB di Rangsang Barat Terima Bantuan Dana
Ket Foto :

SELATPANJANG – Sebanyak 25 KUB (Kelompok Usaha Bersama) di Kecamatan Rangsang Barat, telah menerima bantuan dana sebesar Rp 20 juta perkelompok untuk pembinaan dari Kementerian Sosial RI. Agar keberadaan KUB tersebut berjalan lancar dan maksimal, maka Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kepulauan Meranti terus melakukan monitoring.

Hal ini diungkapkan Kadis Sosnakertrans, Drs Askandar, melalui Kabid Sosial, M Mahdi, di kantornya belum lama ini. Diakuinya, memang dana yang bersumber dari APBN 2012 lalu itu telah dicairkan pada Januari 2013 ini. Artinya, melalui 25 kelompok, di tahun 2012 saja disalurkan bantuan sebesar Rp 500 Juta bagi pengembangan kegiatan usaha mereka yang terdapat di wilayah Kecamatan itu.

“Dana bantuan bagi 25 KUB di Rangsang Barat itu sudah dicairkan Januari kemarin. Dalam hal ini, kami di Dinas Sosial Kabupaten hanya melakukan monitoring dan pembinaan terhadap pelaksanaan kegiatan usaha kelompok tersebut,” ungkap Mahdi.

Disebutkan Mahdi, salah satu usaha yang dijalankan KUB di Parit Besar Desa Kedabu Rapat dinilai sangat bagus dan menjanjikan. Disana, terang dia, terdapat KUB yang mengelola budidaya Ikan Kakap.

“Kami lihat salah satu usaha oleh KUB disana sangat menjanjikan. Mereka membudi-dayakan ikan Kakap. Makanya, jangan sampai terputus, kita terus memberikan pembinaan melalui monitoring. Kemudian, mereka juga akan kita seleksi apakah program yang dibantu itu berjalan atau tidak. Termasuk, nantinya ada yang namanya penyaluran bantuan dana simultan bagi kelompok usaha tersebut sebesar Rp 30 Juta dari pusat,” jelas Kabid Sosial Dinsosnakertrans Kepulauan Meranti itu. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com