Warga Suak Nipah Tunggu Realisasi RLH

Dibaca: 1454 kali  Minggu,30 Juni 2013 | 03:47:00 WIB

Warga Suak Nipah Tunggu Realisasi RLH
Ket Foto :


Sebanyak 29 KK warga suku asli (Akit) Suak Nipah, Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau masih tinggal di rumah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Kondisi itu makin diperparah lagi dengan status tanah menumpang di tanah milik toke dikarenakan tidak mempunyai tanah sendiri.

Namun kini, setelah diberikan lahan hibah dari bantuan salah satu anggota DPRD Kepulauan Meranti Basiran SE MM, masyarakat tinggal diberikan bantuan rumah layak huni (RLH) saja sehingga nantinya kehidupan masyarakat suku Akit bisa berangsur membaik.

Menurut tokoh pemuda tempatan, Apong (33) yang dijumpai, Kamis (27/6) lalu menyebutkan, selama ini beberapa warga di Suak Nipah dari beberapa dekade telah terbiasa hidup dengan kondisi rumah tak layak huni dan menumpang di tanah milik toke. Keterbatasan ekonomi dan lapangan kerja serta pendidikan menjadi alasan utama bagi mereka.

Untuk itu, kata Apong, mengingat serba keterbatasan-keterbatasan yang dikarenakan rendahnya sumber daya manusia (SDM), perhatian dari kepala daerah serta wakil rakyat dan berbagai instansi terkait sangat diperlukan dengan harapan warga suku asli di Suak Nipah ini bisa mempunyai kehidupan layaknya desa-desa lain yang terlebih dahulu berkembang dan diperhatikan.

‘’Dengan adanya peran dan bantuan dari Basiran SE MM yang selalu peduli membuat beban warga Suak Nipah ini terbantu. Namun selanjutnya harapan bantuan rumah layak huni dari Pemkab Kepulauan Meranti masih terus dinanti,’’ harapnya dilansir riaupos.co.id.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com