Bupati: Tiap Desa Minimal Satu Proyek

Dibaca: 545 kali  Rabu,03 Juli 2013 | 11:49:00 WIB

Bupati: Tiap Desa Minimal Satu Proyek
Ket Foto :



SELATPANJANG-Pembangunan di tingkat desa dalam rangka memutus urat nadi keterisoliran tetap menjadi prioritas Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi. Bahkan, ia berencana agar setiap desa di daerah ini mendapatkan minimal satu proyek pembangunan pada tahun anggaran 2014 mendatang.

Bupati Irwan mengatakan, walaupun jumlah yang diberikan beragam, setidaknya pembangunan proyek yang kecil dan bermanfaat dapat dilakukan merata di tingkat desa.

"Untuk itu, kita juga terus berupaya memberikan porsi lebih melalui dana kegiatan PNPM sebesar Rp500 juta bagi tiap desa, sehingga ada jaminan bagi desa untuk mendapatkan pembangunan,” sebut Irwan.

Bupati Irwan mengungkapkan, pada tahun anggaran 2013 ini telah dialokasikan dana untuk kegiatan PNPM sebesar Rp 32 Miliar. Dimana dana itu berasal dari APBD Kabupaten sebesar Rp 15 Miliar dan APBN Pusat Rp 17 Miliar.

"Kegiatan PNPM itu dinilai sangat efesien dan sangat efektif serta sangat menyentuh kebutuhan masyarakat. Jangan sampai PNPM tidak sejalan dengan program Pemerintah Desa yang berasal dari hasil musyawarah masyarakat. Apabila ini terus berjalan baik, maka untuk tahun 2014 mendatang kita rencanakan peningkatan dana PNPM sebesar Rp 50 Juta,” kata Bupati Irwan.

Lewat RBM, Genjot Ekonomi Masyarakat

Pokja Rencana Ruang Belajar (RBM) pada PNPM Kepulauan Meranti optimis dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab dalam program RBM yang berbasis bisnis dan ekonomi akan mendorong peningkatkan perekonomian masyarakat di seluruh Desa se Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sebagai salah satu Pokja dengan berbagai kegiatan PNPM, RBM bersifat stimulan. Sehingga nantinya seluruh masyarakat memiliki kemampuan dan keahlian dari program RBM yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh masyarakat.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya yakni, Cerdas cermat, pelatihan Community Base Monitoring (CMB), Kapasitas Perempuan, pelatihan Advokasi hukum dan lainnya. Kemudian pelatihan perbengkelan, kursus menjahit, perikanan dan lainnya.(rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com