UP Samsat Bakal Buka Pos Pelayanan di Dua Kecamatan

Dibaca: 1044 kali  Senin,25 Maret 2013 | 11:11:00 WIB

UP Samsat Bakal Buka Pos Pelayanan di Dua Kecamatan
Ket Foto :

SELATPANJANG - Kantor Unit Pembantu (UP) Samsat Provinsi Riau di Kota Selatpanjang, berencana membuka dua pos pelayanan. Ini gunanya, memberi kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

Kepala UP Samsat, H Harida SSos, belum lama ini, mengatakan, selain di Tanjungsamak, Kecamatan Rangsang, pos pelayanan tersebut juga akan dibentuk di Telukbelitung, Kecamatan Merbau. Sehingga, masyarakat di dua kecamatan ini dengan mudah bisa membayar pajak kendaraan mereka dan tidak perlu lagi harus datang ke kantor UP Samsat di Kota Selatpanjang.

“Kondisi geografis Kepulauan Meranti yang terdiri dari pulau-pulau sangat menyulitkan masyarakat pemilik kendaraan dalam membayar pajak. Makanya ke depan kita berencana akan membangun dua pos lagi, yakni di Tanjungsamak dan Telukbelitung,” ujar Harida.

Meski belum bisa memastikan kapan waktunya, Harida mengaku bahwa rencana membuka pos pelayanan itu setidaknya bisa dilaksanakan tahun ini juga. Selain memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan, langkah tersebut merupakan salah satu upaya bagi UP Samsat dalam meningkatkan pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Harida juga yakin, sebenarnya kesadaran masyarakat Kepulauan Meranti dalam membayar pajak kendaraan cukuplah tinggi. Namun, kondisi geografis selalu menghukum mereka. Kondisi itu pula yang membuat masyarakat lebih terpaksa mengurungkan niatnya dalam menjalankan kewajiban membayar pajak. Dengan dibangunnya pos pelayanan di dua kecamatan itu, pihaknya yakin semua persoalan itu akan segera teratasi.

“Selama ini masyarakat di dua kecamatan itu harus ke Selatpanjang kalau ingin bayar pajak. Kalau dikalikan dengan ongkos dan sebagainya, berapa banyak pula biaya yang harus mereka keluarkan. Makanya, salah satu cara kita akan membangun dua pos lagi,” sebut Harida. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com