Pembangunan Jembatan Selat Rengit

Butuh Bantuan Pusat dan Pemprov

Dibaca: 1368 kali  Sabtu,13 Juli 2013 | 12:02:00 WIB

Butuh Bantuan Pusat dan Pemprov
Ket Foto :

SELatPANJANG - Jembatan Selat Rengit (JSR) menghubungkan dua pulau, yaitu pulau Merbau dan Pulau Tebingtinggi. Selain itu, membuka akses bagi masyarakat di Pulau Padang untuk ke Pulau Tebingtinggi, pulau dimana ibu kota kabupaten, Selatpanjang berada.

Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir  mengatakan, proyek sepenuhnya dibiayai APBD Kabupaten Kepulauan Meranti yang bersumber dari dana perimbangan pusat-daerah. Untuk itu dia mengharapkan Pemerintah Provinsi Riau ikut membantu pendanaan proyek.

"Jembatan ini menelan dana sekitar Rp460 Miliar. Meski sudah tercantum dalam APBD namun sesungguhnya dana tersebut belum ada. Untuk itu kita sangat membutuhkan bantuan dari pusat dan terutama Pemerintah Provinsi Riau agar ikut membiayai pembangunan jembatan ini," pinta Irwan.

Menurutnya, jembatan Selat Rengit bagaikan mimpi jadi nyata bagi masyarakat Kepulauan Meranti. Jembatan tersebut akan membuka akses transportasi dan ekonomi dari Pulau Merbau yang merupakan daerah paling miskin di Kepulauan Meranti. Jembatan itu juga akan menjadi ikon daerah dan lokasi di sekitarnya akan disulap menjadi kawasan wisata mangrove.

"Jembatan ini sangat penting artinya dalam membuka keterisolasian daerah terutama Pulau Merbau yang selama ini merupakan konsentrasi penduduk miskinnya paling banyak di Kepulauan Meranti," ungkap dia.

Pembangunan mega proyek jembatan sepanjang 1,4 kilometer tersebut. Seremoni dimulainya pemancangan perdana itu dilakukan di lokasi pembangunan jembatan yang berada di Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat pada 26 Juni 2013 yang lalu.(rep6)

 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com