*Pasca Tiga Unit Genset Terbakar

PLN Sub Rayon Bandul Kembali Beroperasi

Dibaca: 1794 kali  Rabu,27 Maret 2013 | 01:43:00 WIB

PLN Sub Rayon Bandul Kembali Beroperasi
Ket Foto : PLN Rayon Selatpanjang mendatangkan Mesin Pembangkit Listrik berkekuatan 400 KW ke Sub Rayon Bandul,.

SELATPANJANG – PLN Bandul yang sempat lumpuh total pasca kebakaran beberapa waktu lalu kini kembali beroperasi. Komitmen pihak PLN untuk segera menyediakan mesin genset cadangan PLN TelukBelitung telah dibuktikan.

Mesin cadangan yang dipersiapkan pihak PLN Bandul dengan kapasitas 400 Kilo Watt yang mensuplai 675 pelanggan saat pemadaman total selama sepekan lalu, kini kembali menikmati aliran listrik.

Kepastian beroperasinya kembali mesin PLN Bandul diungkapkan Manager PT PLN (Persero) Rayon Selatpanjang, Andi P, melalui Supervisor ADM, Fauzar di Selatpanjang, Selasa (26/3) kemarin.

"PLN Bandul kini sudah kembali beroperasi. Dengan kapasitas daya 400 Kilo Watt, PLN Bandul masih memiliki daya cadangan sebesr 35 Kilo Watt. Untuk itu, PLN Bandul siap melayani pemasangan jaringan baru untuk warga setempat," ungkap Fauzar.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang terus meningkat di Kecamatan Merbau dan Kecamatan Putri Puyu, Pemkab Kepulauan Meranti bersama PLN dan EMP Malacca Strait SA sepakat membangun sinergi perluasan jaringan PLTMG Bagan Melibur.

Dijelaskan Fauzar, PLTMG Bagan Melibur dengan kapasitas 1,5 Mega Watt tersebut, secara bertahap pihak PLN akan melakukan perubahan pembangkit listrik tenaga diesel ke gas.

"Melalui program penambahan Jaringan Tegangan Menengah (JTM), untuk tahun 2013 ini PLN berupaya melakukan program perluasan jaringan listrik dengan memanfaatkan pembangkit PLTMG sebesar 35 Kilo Watt untuk di Desa Bandul dan sekitarnya," ujar Fauzar.

Diharapkan dengan program ini, secara bertahap pula operasional PLTD Bandul dikurangi sebagai upaya merealisasikan program listrik murah untuk masyarakat.

"Target PLN, secara bertahap seluruh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel di Telukbelitung dan Bandul akan beralih ke PLTMG Bagan Melibur. Dan ini akan kita sinergikan dengan program PLTMG Bagan Melibur yang terus berupaya meningkatkan produksi dayanya mencapai 1,5 Mega Watt," kata Fauzar.

Ia berharap ini bisa segera direalisasikan sebagai upaya menghemat biaya operasional PLN dari energi solar ke gas yang terus disubsidi oleh pemerintah.

Menyinggung jumlah pelanggan PLN Telukbelitung dan Bandul, Fauzar menyebut, sampai saat ini total pelanggan PLN di dua kecamatan tersebut mencapai 2.275 pelanggan. Sedangkan untuk daftar tunggu calon pelanggan PLN di dua kecamatan tersebut nol persen.

"Dengan beroperasinya PLTMG, pihak PLN Sub Rayon Telukbelitung dan Bandul siap menerima pelanggan baru. Secara tekhnis, soal kebutuhan daya tidak ada persoalan. Sejauh ini, PLN Teluk Belitung dan Bandul tidak memiliki daftar tunggu pelanggan, berapa pun permohonan yang masuk siap dilayani," tandas Fauzar.

Operasional 24 Jam

Di tempat terpisah, Camat Putri Puyu, H Izhar menyambut baik komitmen dan kesigapan pihak PLN dalam menyikapi kebutuhan listrik masyarakat pasca kebakaran beberapa waktu lalu. Meski pun sempat mengalami pemadaman total, mulai Minggu (24/3) malam lalu, PLN Bandul sudah kembali beroperasi seperti biasa. Hanya saja, masyarakat berharap PLN Bandul bisa beroperasi 24 jam seperti PLN di Kota Selatpanjang.

Dan yang lebih penting lagi, masyarakat berharap ada upaya penambahan dan perluasan jaringan baru ke seluruh desa di Kecamatan Putri Puyu.

"Sekarang ini PLN Bandul baru hidup 14 jam mulai dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB. Ke depan kita menginginkan PLN Bandul beroperasi 24 jam. Apalagi PLTMG Bagan Melibur juga sudah beroperasi. Untuk itu, PLN terus berupaya memperluas jaringan ke seluruh desa di Kecamatan Putri Puyu," tandas Izhar (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com