150 Ton Biji Timah Siap Diolah

Dibaca: 1911 kali  Sabtu,20 Juli 2013 | 06:08:00 WIB

150 Ton Biji Timah Siap Diolah
Ket Foto :

RANGSANG  - Sedikitnya 150 ton biji timah yang sudah berhasil dieksploitasi oleh PT Perkit Jaya masih terbungkus di dalam karung goni.

Pasalnya pengolahan smelter atau pabrik pengolahan masih menunggu Izin Mendirikan Bangunan (IMB)nya dikeluarkan Badan Penanaman Modal, Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPMPPT).

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi  (Kadistamben) H Herman SE MT kepada Riau Pos, Senin (15/7).

Dikatakannya sejak diresmikan sudah banyak biji timah yang dihasilkan dan ditempatkan di dalam karung-karung goni. Untuk diketahui PT Perkit Jaya beroperasi di wilayah Kecamatan Rangsang dan membangun smelter di Desa Topang, Pulau Topang, Kecamatan Rangsang.

‘’Ada lebih dari 3.000 karung biji timah yang sudah didapat dari hasil eksploitasi PT Perkit Jaya. Mereka masih menunggu IMB untuk pengolahan biji timah ini menjadi timah batangan di smelter yang dibangun di Topang nantinya,’’ ungkap H Herman dilansir riaupos.co.id.

Disebutkan Herman lagi saat ini bangunan smelter di Topang sudah mulai selesai dan akan dimanfaatkan segera setelah IMBnya selesai nantinya.

‘’Tapi dari infonya sudah mau selesai. Mudah-mudahan jika selesai lebih cepat akan membantu mempercepat ekspor timah keluar negeri dan mendatangkan pendapatan bagi daerah,’’ ujarnya.

Jadwal semula, lanjutnya, direncanakan ekspor perdana timah keluar negeri pada Agustus nantinya. Dari ekspor itu juga dapat diukur berapa volume yang dihasilkan setiap bulannya.

‘’Makanya kita terus kawal bagaimana masuknya PT Perkit Jaya ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjadikan sumber pendapatan bagi daerah kita. Untuk itu juga kita terus membantu mereka (PT Perkit Jaya) agar dapat mempercepat hasil yang dicapai oleh mereka sehingga secara otomatis juga akan mempercepat hasil yang akan diberikan kepada kita,’’ katanya.(rep2)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com