389 Warga Baran Melintang Terima BLSM

Dibaca: 1269 kali  Rabu,24 Juli 2013 | 04:57:00 WIB

389 Warga Baran Melintang Terima BLSM
Ket Foto :


PULAU MERBAU - Penyerahkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) Desa Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau berjalan lancar.
Sebelumnya telah didata sesuai dengan tingkat kesejahteraan masing-masing keluarga yang tergolong masuk kategori miskin.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau  Sumarno. Dimana pihaknya bekerjasama dengan Kepala Kantor Pos pembantu Kecamatan Merbau, Sandra.

Dijelaskannya, sebanyak 389 masyarakat yang menerima BLSM itu, masing-masing menerima Rp 300 ribu sesuai dengan ketentuan. Tidak ada pengurangan terhadap pemberian dana bantuan tersebut, demikian juga komplen masyarakat yang mestinya dapat tapi tidak dapat. Semuanya berjalan dengan baik sesuai data dan kondisi di lapangan.

Penyerahan itu sendiri menurutnya telah direalisasikan pekan lalu, sehingga masyarakat merasa terbantu untuk menutupi biaya hidup kesehariannya. Bantuan itu juga dirasakan sangat tepat sebab adanya kenaikan BBM akhir-akhir ini membuat segala kebutuhan masyarakat menjadi mahal.

"Terutama bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Kepulauan ini, yang transportasinya menggunakan armada laut, memaksa seluruh harga barang semakin melangit. Beda dengan kondisi masyarakat di daratan Sumatera, dimana pelosok dusun dan pedalaman-pun bisa dijangkau kenderaan darat. Sehingga masyarakat tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menutupi biaya hidup sehari-harinya, apalagi hasil tani masyarakat dengan mudah bisa dijadikan uang," ujarnya.

Meskipun masyarakat di kepulauan juga memiliki hasil tani atau hasil kebun di pulau ini, lanjutnya, namun karena untuk memasarkannya juga harus mengeluarkan biaya mahal, akibatnya hasil tani dan hasil kebun tersebut sulit mendatangkan keuntungan.

"Inilah salah satu kenapa masyarakat di Kecamatan Pulau Merbau ini umumnya masih tertinggal dibanding dengan kecamatan lainnya, adalah karena kondisi wilayah yang masih diatur oleh ritme pasang surut air laut," katanya.

Masyarakat juga berharap kepada pemerintah pusat, kiranya tidak hanya mampu memberikan bantuan langsung kepada masyarakat miskin di berbagai desa itu. "Namun juga harus mampu mewujudkan pembangunan infrastruktur yang dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat secara makro," sebut Kades ini lagi.(rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com