Pulau Rangsang Punya SDAMelimpah

Dibaca: 2144 kali  Rabu,24 Juli 2013 | 05:10:00 WIB

Pulau Rangsang Punya SDAMelimpah
Ket Foto :


SELATPANJANG - Sebagai wilayah terluar di Indonesia, Pulau Rangsang cukup potensial untuk dikembangkan sebagai Kawasan Industri dimasa mendatang. Pulau  yang berpenduduk lebih dari 40 ribu jiwa  ini diharapkan jadi tumpuan PAD masa depan.

“Pulau Rangsang ini kita plot sebagai kawasan industri masa depan Kepulauan Meranti. Potensi kekayaan sumber daya alam pulau  belum digarap dan ini menjadi cadangan PAD. Untuk itu, pulau ini akan butuh strategi pembangunan yang berbeda dari pulau-pulau lainnya di Meranti,” kata Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, saat Safari Ramadhan ke Desa Kayu Ara Kecamatan Rangsang Pesisir, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Pulau Rangsang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah. Pulau ini tidak hanya menjadi salah satu lumbung pangan, tapi juga memiliki berbagai potensi kekayaan yang belum digarap.

Di antaranya, potensi budidaya garam laut, tambang pasir laut, migas, biji timah dan potensi perkebunan kopi dan kelapa terluar yang dimiliki Meranti. Potensi perkebunan di pulau ini, sepanjang tahunnya mampu menyuplai ratusan ton bijih kopi kualitas ekspor yang menjadi penyuplai utama industri  pengolahan kopi Malaysia Nascafe.

“Perkebunan kelapa yang luas, juga merupakan penyumbang lebih dari 70 persen  industri pengolahan kelapa di Malaysia. Untuk itu, dengan potensi kekayaan tambang dan perkebunan yang dimiliki Pulau Rangsang ini menjadi incaran sejumlah investor untuk membangun industri. Diantaranya investor dari China dan Korea yang telah menjajaki peluang investasi di Pulau Rangsang,” ungkapnya.

Ditambahkan Bupati, untuk menggesa percepatan pembangunan KIR (Kawasan Industri Rangsang), Pemkab Kepulauan Meranti berupaya membangun sinergi dengan pihak swasta dan BUMN. Terutama dalam upaya menggesa pembangunan infrastruktur dasar, mulai dari jalan, jembatan, pelabuhan dan listrik. Kebijakan ini tentunya dilakukan melalui kerjasama jangka panjang yang saling menguntungkan. Khusus untuk pembangunan jalan lingkar, Pemkab Kepulauan Meranti merencanakan melaui program multiyears. (rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com