Desa Bokor Rangsang Barat Usulkan 20 Sampan Wisata

Dibaca: 1486 kali  Selasa,02 April 2013 | 09:37:00 WIB

Desa Bokor Rangsang Barat Usulkan 20 Sampan Wisata
Ket Foto :

RANGSANG BARAT - Pemerintah Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat mengusulkan pengadaan 20 unit sampan wisata dan satu unit speedboat pancung kepada Pemkab Kepulauan Meranti. Hal ini untuk menunjang program wisata yang tengah dikembangkan.

Demikian disampaikan Kepala Desa Bokor, Aminullah, saat mengikuti pembukaan musrenbang tingkat kabupaten di Selatpanjang, Senin (1/4). Ia mengharapkan, usulan tersebut dapat terealisasi, sehingga status desa wisata benar-benar dapat direalisasikan secara nyata.

“Nanti sampan dan speed pancung dapat digunakan oleh pengunjung yang datang tanpa dikenakan biaya, karena sudah disediakan oleh pemerintah. Tentunya kita tidak mau mengkomersilkan potensi wisata kita,” ujarnya.

Dengan kondisi sekarang, jelas Amin, para pengunjung harus meminjam sampan masyarakat untuk bisa menyusuri sungai yang menawarkan berbagai flora dan fauna khas pulau tersebut. “Memang masyarakat kita mendukung dan tidak ada masalah, tapi tentunya jika sampan mereka dipakai maka otomatis mereka tidak bisa bekerja,” ulasnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Drs H Ishak Izrai, mengatakan pihaknya akan mengupayakan usulan dari Pemdes Bokor tersebut untuk mempermudah pengunjung yang ingin menyusuri Sungai Bokor. “Nanti akan saya hubungi kepala Desa Bokor lagi untuk koordinasi. Kita akan mengupayakan ini masuk dalam musrenbang kabupaten,” katanya.

Pihaknya melalui Disparpora, kata Ishak, akan mendukung penuh upaya yang dilakukan untuk mengembangkan wisata di Desa Bokor. Sehingga nanti bisa menjadi ikon daerah, dan ini dapat menjadi salah satu kebanggaan dari Kabupaten Kepulauan Meranti. “Yang jelas kita dukung penuh, dan Pak Bupati juga sudah menjadikan Bokor sebagai desa wisata budaya,” jelasnya. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com