Persiapan Pesta Sungai Bokor Dimaksimalkan

Dibaca: 1091 kali  Selasa,02 April 2013 | 11:25:00 WIB

Persiapan Pesta Sungai Bokor Dimaksimalkan
Ket Foto :

SELATPANJANG-Pesta Sungai Bokor yang akan digelar tanggal 10-11 Juni di Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat saat ini terus dimaksimalkan. Persiapan tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pesta Sungai Bokor 2013, Sopandi, Selasa (2/4).

"Jika tidak ada aral merintang, Insya Allah akan kita laksanakan pada tanggal 10-11 Juni 2013, bertempat di Desa Bokor," ujarnya.

Menurut laki-laki yang telah sukses melaksanakan berbagai perhelatan seni budaya di desa wisata tersebut, Pesta Sungai Bokor, pesta rakyat terbesar di Kabupaten Kepulauan Meranti. Meski di tahun ini Pemkab Kepulauan Meranti tidak menyediakan anggaran, namun ia tetap optimis kegiatan ini tetap berjalan lancar, karena yang paling utama adalah dukungan dari masyarakat desa setempat.

"Kita berharap apa yang dibuat oleh anak daerah untuk mengenalkan daerah ini mendapat apresiasi dari pihak lain, dan kami juga mohon tunjuk ajar agar kita bisa sama-sama maju," sebut laki-laki yang akrab disapa Iin ini.

Kini kata Sopandi, beberapa buah-buahan yang menjadi primadona desa tersebut, yakni durian sudah mulai mengeluarkan putik. Diperkirakan sekitar Juni nanti, durian yang dominan dalam pesta buah pada saat even itu nanti sudah masak dan dapat dinikmati oleh pengunjung.

"Bukan hanya durian, banyak lagi buah-buahan lain yang ada di desa ini. Seperti, rambutan, cempedak, manggis, pulas, kundang dan lain-lain," katanya.

Adapun berbagai permainan rakyat yang akan ditampilkan dalam pesta yang mengangkat tema 'Mangayuh asa membangun negeri' ini diantaranya, golek tual sagu, pacu sampan, main guli, main senengkik, ngujak ghame, ngail senepak, dan berbagai permainan rakyat lainnya. Selain itu pihak panitia juga menyiapkan wisata menyusuri Sungai Bokor dan juga pesta buah.

Bahkan, Sopandi mengaku beberapa pihak telah menyatakan siap untuk datang, baik dari luar daerah dan dari Malaysia.
"Kita juga akan mengundang beberapa televisi nasional untuk datang menyaksikan pesta ini. Televisi Satu Malaysia juga sudah kita sampaikan, mudah-mudahan dari mereka juga bisa datang. Sehingga upaya kita untuk mempromosikan desa wisata ini bisa maksimal," ucap anak watan Bokor ini. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com