Enam Kepala Desa Resmi Diberhentikan

Dibaca: 1502 kali  Kamis,01 Agustus 2013 | 12:51:00 WIB

 Enam Kepala Desa Resmi Diberhentikan
Ket Foto :

SELATPANJANG  - Sebanyak enam kepala desa (kades) di wilayah Kepulauan Meranti sudah resmi berhenti dari jabatanya sebagai kades setelah ditetapkan menjadi peserta pemilu dan surat pemberhentiannya yang menjadi syarat mendaftar juga sudah ditandatangani Bupati Kepulauan Meranti.

Dijadwalkan hari ini Pj kepala desa pengganti akan dilantik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti. Seperti yang ditegaskan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Drs Ikhwani kepada Riau Pos, Rabu (31/7). Enam kades itu di antaranya Kades Tanah Merah Mahadi, Kades Mekong A Rahman, Kades Alah Air Timur Suprapto, Kades Batang Malas Asrofi, Kades Sungai Cina Supardi dan Kades Tanjung Kedabu Rozali.

‘’Hari ini kita akan melantik Pj (pengganti kades) yang memang sudah kita tunjuk dan dikeluarkan SKnya bersamaan dengan terbitnya SK pemberhentian kepada enam kades yang mendaftar ke parpol untuk menjadi peserta pemilu dalam pileg 2014 nanti,’’ ungkap Ikhwani dilansir riaupos.co.id.

Ikhwani menambahkan pelantikan sebanyak enam orang Pj kades tersebut memang harus dilakukan segera mengingat kekosongan jabatan yang ditinggalkan kades yang mengundurkan diri.

Namun terutama pelantikan itu diperlukan sebagai legalitas dalam pencairan alokasi dana desa (ADD).

‘’Pencairan ADD tahap 2 belum dilakukan enam desa tersebut karena sedang masa transisi. Makanya pelantikan Pj harus kita lakukan untuk legalitas proses administrasi pencairan ADD itu sendiri,’’ ujarnya.

Ikhwani menambahkan dengan pemberhentian enam kades tersebut maka paling lama selama setahun ke depan akan dilaksanakan pemilihan kembali kades defenitif yang baru.

‘’Sementara enam kades yang sudah mengundurkan diri tersebut jika tidak terpilih menjadi anggota DPRD nantinya maka tidak bisa lagi menjadi kades kecuali melalui mekanisme pemilihan kembali,’’ terangnya.(rep2)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com