Hujan Lebat Mengguyur Pulau Rangsang

Dibaca: 3575 kali  Selasa,06 Agustus 2013 | 09:18:00 WIB

Hujan Lebat Mengguyur Pulau Rangsang
Ket Foto :

SELATPANJANG – Hujan lebat berturut-turut semalaman mengguyur Pulau Rangsang benar-benar merupakan berkah bagi warga.

Betapa tidak, selama tiga bulan dilanda kekeringan menyebabkan ribuan sumur warga kering kerontang. Tak pelak lagi, saat hujan turun warga sibuk menampung air hujan dengan berbagai wadah.

Sekitar pukul 00.30 WIB dini hari, Senin (5/8), hujan mulai turun cukup lebat. Setelah satu jam, hujan mulai reda  namun kembali turun lagi semamin lebat hingga menjelang sahur.

Salah seorang warga Rangsang Pesisir, M Nur (67) tergopoh-gopoh menampung air hujan sebelum sahur. Ia tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Tak henti-hentinya ia mengucap syukur dengan turunnya hujan deras yang mengguyur Rangsang Pesisir.

“Alhamdulillah, ahirnya hujan benar-benar turun diakhir Ramadhan ini. Sudah tiga bulan tak hujan, sumur warga sudah banyak yang kering tak lagi berisi air. Dengan hujan lebat ini, sumur kami kembali berisi air. Dan yang lebih penting lagi, drum-drum penampungan air warga juga kembali terisi penuh. Hitung-hitung, menyambut lebaran Idul Fitri ini kami tak lagi harus keliling mencari air untuk masak, mandi dan minum” ujar M Nur dilansir haluankepri.com.

Musim kemarau panjang yang menerjang Meranti, memang sempat membuat repot warga. Terutama puluhan ribu warga Meranti yang tinggal di Pulau terluar, Pulau Rangsang. Meskipun Pulau Rangsang memiliki Tasik Air Putih yang debit airnya tidak pernah kering, namun dengan belum adanya PDAM yang memanfaatkan debit air Tasik Air Putih tersebut menyebabkan masyarakat harus keliling kampung mencari air gambut untuk keperluan hari-hari.

Yang lebih miris lagi, ribuan warga Pulau Rangsang yang tinggal di pesisir pantai, terpaksa harus rela mandi air asin setiap harinya. Meskipun tidak memenuhi standar kesehatan, karena tidak punya pilihan mau tidak mau harus memanfaatkan sumber air yang berkadar salinitas tinggi tersebut.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com