Wakili OSN Tingkat Nasional

Disdik Riau Seleksi 72 Siswa SD

Dibaca: 928 kali  Senin,08 April 2013 | 02:41:00 WIB

Disdik Riau Seleksi 72 Siswa SD
Ket Foto :

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Riau menyeleksi 72 siswa Sekolah Dasar (SD) di Provinsi Riau, untuk mewakili diajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional. Penyeleksian ini dilakukan selama tiga hari, tepatnya Minggu-Selasa (7-9/4) mendatang, bekerjasama dengan Universitas Riau (UR).

Sekretaris Disdik Riau, Abdul Kadir, di sela-sela penutupan pembinaan 72 peserta OSN Riau, Jumat (5/4), mengatakan, penyeleksian itu meliputi, uji kemampuan yang dilakukan pada Minggu-Senin (7-8/9), dilanjutkan tes tertulis pada Selasa (9/4).

"Sebanyak 72 siswa SD dari 12 kabupaten/kota ini, akan dipilih 6 orang terbaik untuk mewakili Riau diajang OSN tingkat nasional, yang akan dilaksanakan pada 12 Mei 2013 mendatang, di Bandung. Enam siswa itu meliputi, tiga orang bidang Matematika, dan tiga siswa lagi dari IPA," papar Kadir seraya mengatakan pelaksanaan seleksi dilakukan di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru .

Untuk soal seleksi tersebut, tambah Kadir, dibuat oleh pusat. Sedangkan penyelenggara seleksi dilakukan oleh Disdik Riau bekerjasama dengan UR. "Hasil seleksi ini akan diumumkan 10 hari usai penyeleksian," imbuhnya.

Dalam ajang bergengsi ini, Kadir menargetkan enam siswa wakil Riau nanti dapat meraih mendali semuanya. Mengingat tahun lalu, wakil Riau diajang ini menyumbangkan mendali ke semua peserta SD.

"Tahun lalu, semua wakil peserta SD kita meraih mendali, namun hanya satu siswa meraih emas, maka tahun ini target kita emas kita harus bertambah. Makanya, tahun ini kita mempersiapkan lebih matang lagi, dengan melakukan pembinaan para peserta ditingkat provinsi sebanyak dua kali. Pembinaan itu telah dilakukan, tepatnya tahap I pada 14-18 Maret lalu dan tahap II pada 1-5 April kemaren," ucapnya. (rep01)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com