Tumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama

Dibaca: 2947 kali  Jumat,16 Agustus 2013 | 11:15:00 WIB

 Tumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama
Ket Foto :

SELATPANJANG-Jika untuk umat Islam dengan gerakan Maghrib Mengaji,  untuk agama lain kembali pada konteks ajaran masing-masing. Intinya, melalui program ini Pemkab Meranti menginginkan seluruh elemen masyarakat Meranti kembali pada upaya pengamalan  ajaran agama masing-masing.

Seluruh agama mengajarkan umatnya untuk berfikir positif dan berbuat kebaikan, tentu Pemkab Meranti mengharapkan agama lainnnya seperti Budha, Kristen, dan Hindu punya cara-cara untuk meningkatkan moral, akhlak umatnya melalui pendekatan agama masing-masing
 
Apabila masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti berakhlak mulia, tentu akan terbina Toleransi beragama dalam kehidupan hidup dalam yang penuh keragaman, baik dari suku, agama, maupun budaya. Untuk hidup damai dan berdampingan, tentu dibutuhkan toleransi satu sama lain.

“Kita harus merasa bangga akan daerah kita dan juga kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita telah dikaruniai tanah air yang indah dengan aneka ragam kekayaan alam yang berlimpah ditambah lagi beraneka ragam suku, ras, adat istiadat, budaya, bahasa, serta agama dan lain-lainnya, sebut Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir.
 
Kondisi daeah yang pluralistis menimbulkan permasalahan tersendiri, seperti masalah Agama, paham separatisme, tawuran ataupun kesenjangan sosial. Dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, kerukunan hidup antar umat beragama harus selalu dijaga dan dibina. Kita tidak ingin bangsa Indonesia terpecah belah saling bermusuhan satu sama lain karena masalah agama.

Toleransi antar umat beragama bila kita bina dengan baik akan dapat menumbuhkan sikap hormat menghormati antar pemeluk agama. Sehingga tercipta suasana yang tenang, damai dan tenteram dalam kehidupan beragama termasuk dalam melaksanakan ibadat sesuai dengan agama dan keyakinannya Melalui toleransi diharapkan terwujud ketenangan, ketertiban serta keaktifan menjalankan ibadah menurut agama dan keyakinan masing-masing. Dengan sikap saling menghargai dan saling menghormati itu akan terbina peri kehidupan yang rukun, tertib, dan damai. (rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com