Sektor Perikanan Meranti Cukup Menjanjikan

Dibaca: 2431 kali  Jumat,23 Agustus 2013 | 09:42:00 WIB

Sektor Perikanan Meranti Cukup Menjanjikan
Ket Foto :

SELATPANJANG - Secara garis besar sektor perikanan di Kabupaten Kepulauan Meranti dikelompokkan kedalam 4 klasifikasi, yaitu tangkap, kolam, keramba dan tambak.

Menempati wilayah pesisir yang berhadapan dengan laut, daerah ini memiliki potensi sangat besar untuk menjadi sentra perikanan. Industri-industri hilir produk perikanan perlu digalakkan, seperti pengalengan ikan, pengolahan makanan berbasis ikan, dan sebagainya.

Pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan terutama untuk fasilitas cold storage yang bisa menampung limpahan ikan dari para nelayan maupun petani ikan. Demikian juga dengan pelabuhan ikan sehingga seluruh hasil produksi ikan bisa dilokalisir untuk bisa diolah dan didistribusikan ke berbagai wilayah baik domestik maupun untuk kebutuhan ekspor ke luar negeri.

Metode penangkapan ikan di laut masih menjadi mayoritas sumber produksi perikanan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kecamatan Rangsang menjadi wilayah dominan yang berkontribusi paling besar terhadap volume produksi ikan.

Adapun metode produksi ikan dengan menggunakan keramba, Kecamatan Tebing Tinggi tercatat sebagai kontributor paling tinggi yang menghasilkan ikan dengan teknik tersebut. Sedangkan perikanan budidaya masih sangat minim dilakukan oleh masyarakat yang diakibatkan karena tingkat keasaman tanah dan air di wilayah ini yang cukup menyulitkan.

Dari hasil perhitungan kelayakan financial, investasi pada komoditas budidaya ikan kakap putih diperoleh nilai NPV sebesar Rp 2.422.153,- yang artinya positif pada tingkat bunga bank berlaku 14% pertahun selama 5 tahun. Maknanya adalah, dengan berinvestasi pada budidaya kakap putih maka investor akan mendapatkan keuntungan yang jauh melebihi bunga bank. Nilai IRR yang diperoleh adalah sebesar 16% yang artinya lebih tinggi dari bunga bank berlaku yang menjadi acuan yaitu 14% pertahun.(rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com