250 Ton Biji Timah Siap Diekspor

Dibaca: 3346 kali  Jumat,23 Agustus 2013 | 01:33:00 WIB

250 Ton Biji Timah Siap Diekspor
Ket Foto :

SELATPANJANG  -Hingga kini sejak eksploitasi perdana terhadap potensi timah Kepulauan Meranti di Kecamatan Rangsang beberapa bulan lalu, sudah dikumpulkan sebanyak lebih kurang 250 ton biji timah yang terkumpul oleh pihak PT Perkit Jaya.

Setelah smelter (pabrik) peleburan timah selesai nantinya berikut surat rekomendasi dari pihak Pemerintah Provinsi Riau maka potensi timah itu akan segera diekspor.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Kepulauan Meranti, H Herman SE MSi mengakui kepada wartawan, Rabu (22/8) dalam biji timah tersebut dikumpul dalam 5.000 lebih kampil karung.

‘’Setiap kampil seberat 50 kg biji timah. Jadi yang sudah terkumpul sudah lebih dari 250 ton,’’ bebernya dilansir riaupos.co.id.

Herman berencana nantinya dalam melakukan ekspor perdana biji timah itu, akan mengundang sejumlah pihak mulai dari Pemerintah Provinsi Riau, Kabupaten Tanjung Balai Karimun selaku daerah tetangga dan berbatasan dengan wilayah operasional.

Kemudian diwacanakan juga akan mengundang pejabat pusat sehingga ke depannya operasional biji timah di Meranti bisa berjalan lancar.

Lebih jauh untuk kesiapan smelter sendiri yang dibangun di Pulau Topang, Desa Topang, Kecamatan Rangsang, Kadistamben Kepulauan Meranti itu mengungkapkan masih dalam proses penyiapan.

Termasuk juga masih menunggu batu penahan api yang berfungsi meleburkan biji timah sebelum akhirnya diekspor.

‘’Saat ini, dari lima unit kapal penghisap yang dioperasionalkan untuk mencari biji timah yang terdapat di dalam laut wilayah Meranti di sekitar Kecamatan Rangsang seminggu sekali hasil hisapan biji timah itu akan diangkut ke darat dan disimpan,’’ jelasnya.

Setelah dilakukan ekspor perdana terhadap biji timah tersebut, Herman mengaku optimis tiap bulan bisa menghasilkan minimal sebanyak 200 ton biji timah.

Dengan hasil tersebut nantinya dipercaya akan membantu mensejahterakan masyarakat dan menjadi sumber penambahan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kepulauan Meranti.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com