Pemprov Bangun Puskesmas Rawat Inap di Meranti

Dibaca: 2024 kali  Selasa,03 September 2013 | 10:54:00 WIB

Pemprov Bangun Puskesmas Rawat Inap di Meranti
Ket Foto :

SELATPANJANG - Pemerintah Provinsi Riau melalui APBD Tahun 2013 ini membangun sejumlah Puskesmas Rawat Inap di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Salah satu Puskesmas itu akan dibangun di Desa Bangun Sari Kecamatan Putri Puyu, yang masih terisolir akses jalan darat.

“Kondisi keterisoliran wilayah itu dilihat oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sehingga pada tahun 2013 ini pihak provinsi akan mewujudkan pembangunan Puskesmas Rawat Inap. Dimana biaya pembangunan sepenuhnya dianggarkan melalui APBD Provinsi Riau,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, dr Irwan Suwandi, Senin (2/9) di Selatpanjang.

Dikatakannya, Kecamatan Putri Puyu adalah salah satu kecamatan yang masih jauh tertinggal pembangunannya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Transportasi umum yang ada masih hanya menggunakan transportasi laut. Hubungan antar desa dengan desa lainnya maupun dengan ibukota kecamatan, apalagi menuju ibukota kabupaten masih relatif sulit.

“Sehingga banyak kendala yang dihadapi masyarakat dari kecamatan yang terjauh dari ibukota kabupaten itu. Dari berbagai keperluan dan kebutuhan terutama jika ada warga yang butuh pertolongan medis,” ujarnya.

dr Irwan menjelaskan, pihaknya akan menerima bantuan pembangunan puskesmas tersebut setelah selesai dibangun oleh rekanan Pemerintah Provinsi. Keberadaan Puskesmas rawat Inap di kecamatan itu akan sangat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

“Sebagaimana kita ketahui, selama ini sudah dibentuk Puskesmas yang ada di Bandul. Namun keberadaannya hanya sebatas memberikan pelayanan kesehatan atau pemberian obat bagi pasien yang datang. Sehingga jika ada pasien yang akan mendapat perawatan intensif atau yang akan mendapat tindakan operasi maka pasien harus dirujuk ke Puskesmas yang ada rawat inapnya, atau langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah di Selatpanjang,” ucapnya.

Menurutnya, kehadiran Puskesmas Rawat Inap di kecamatan itu nantinya akan memberikan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Setidaknya untuk perawatan penyakit ringan atau untuk kegiatan persalinan normal nantinya sudah bisa dilakukan di Puskesmas tersebut.

Sementara ini, kata dr Irwan, keberadaan dokter di Puskesmas Bandul baru berjumlah 4 orang dokter. Yakni dokter umum sebanyak 3 dokter dan 1 orang dokter spesialis gigi. “Ditambah beberapa perawat dan bidan. Setelah Puskesmas rawat inap itu dioperasikan akan ada penambahan peralatan kesehatan termasuk penambahan dokter,” sebut dr Irwan. (rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com