13 September KPU Umumkan Data Valid Pilgubri

Dibaca: 1087 kali  Kamis,05 September 2013 | 08:43:00 WIB

13 September KPU Umumkan Data Valid Pilgubri
Ket Foto :

BAGANSIAPIAPI-Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rokan Hilir baru akan mengumumkan data valid hasil suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada tanggal 13 September 2013. Pasalnya, hingga saat ini data rekapitulasi hasil suara baru diproses ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

"Saat ini KPUD Rohil belum dapat mengumumkan data valid hasil Pilgubri dan Wagubri 2013. Namun KPUD baru akan mengumumkannya pada tanggal 13 September 2013 untuk hasil suara di Rohil," ujar Anggota KPUD Rohil, Agus Salim, SP, Kamis (5/9/2013) di Bagansiapiapi.

Menurut Agus, data hasil suara dari tiap-tiap TPS di Rohil saat ini baru tahap rekapitulasi ditingkat kelurahan atau PPS, kemudia dari PPS nantinya baru dilakukan rekapitulasi ditingkat PPK atau kecamatan.

''Jadi saat ini baru tahap rekapitulasi ditingkat Kelurahan, dan besok KPU baru akan mengumumkan data valid Pilgubri apabila PPK telah menyerahkannya ke KPU, dan sesuai jadwal sebelum tanggal 13, semua surat suara dari PPK ke KPU harus sudah sampai ke KPU. Nah, tanggal 13 nya baru KPU mendapatkan data valid suara sahnya. Kemudian diserahkan ke KPU Provinsi untuk dilakukan rekapitulasi ulang di semua Kabupaten/Kota di Riau," rinci Agus dilansir halloriau.com.

Dalam penghitungan di PPK, tambahnya. diharapkan saksi masing-masing calon wajib dihadirkan, kemudian dari Panitia Pengawas Lapangan (PPL) juga wajib untuk mengetahui rekapitulasi ditingkat PPK. Supaya penghitungan ditingkat Kecamatan dapat diterima semua pihak.

''Jadi kita (KPU, red) menghimbau dan juga mengharapkan kepada PPK, dalam penghitungan suara wajib mengundang dan menghadirkan saksi masing-masing calon dan ketua PPL, supaya hasil dari Suara di tingkat PPK valid," ungkap Agus.

KPU, katanya, dalam mengumumkan data hasil Pemilu tidak bisa mengumumkan hasil suara secara sementara atau separuh-separuh, namun mengumumkan hasil yang lengkap dan secara keseluruhan yang sudah di plenokan.

"KPU tidak bisa mengumumkan hasil suara Pilgubri setengah-setengah, namun menunggu keseluruhan suara yang masuk dan di plenokan, baru akan diumumkan ke publik," kata Agus.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com