Bappeda Surati Pemcam dan Pemdes se-Meranti

Dibaca: 1110 kali  Jumat,06 September 2013 | 01:03:00 WIB

  Bappeda Surati Pemcam dan Pemdes se-Meranti
Ket Foto :

SELATPANJANG - Aksi penipuan bermoduskan urusan dinas, kerap terjadi di Kepulauan Meranti. Setidaknya ada salah seorang Kepala Desa yang telah menjadi korban aksi penipuan itu. Salah satu Kades di Kepulauan Meranti ini terlanjur memberikan sejumlah uang kepada oknum yang mendatanginya itu.

Kejadian itu beberapa hari lalu dimana sang kades cukup yakin dengan modus urusan dinas yang mengatakan kedatangannya disuruh oleh Kepala Bappeda. Akibatnya, sang Kades terpaksa harus mengalami kerugian.

"Untuk mengantisipasi kejadian terulang, maka kita melayangkan surat pemberitahuan kepada seluruh Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, jika ada tamu mencurigakan yang mengaku suruhan pejabat, agar segera melaporkan hal itu ke Polisi,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs M Azza Faroni, Kamis (5/9) di Selatpanjang.

Azza mengatakan, banyak modus penipuan sudah kembali masuk ke Kepulauan Meranti. “Untuk itu kepada seluruh pihak terutama bagi para pemangku jabatan di jajaran Pemkab Kepulauan Meranti agar tidak mudah percaya dengan orang-orang yang tidak bertanggungjawab, seperti yang dialami oleh Kepala Desa itu,” katanya tanpa menyebutkan Kades dimaksud.

Menurutnya, modus penipuan di Kepulauan Meranti cukup lihai memanfaatkan situasi. Untuk itu kepada para pejabat mulai dari Camat, Kades, Kepala UPTD, Kepala sekolah dan berbagai jabatan yang ada di tingkat kecamatan dan desa, agar tidak mudah percaya dengan orang yang belum dikenal.

“Ada aturan atau mekanisme yang jelas menyangkut urusan antar jajaran pemerintah. Ada SPJ dan identitas resmi. Sehingga siapapun yang datang sebagai tamu wajib ditanyakan indentitas dan melakukan croschek tentang keberadaan yang bersangkutan. Jangan terus percaya apalagi menyerahkan uang segala,” tegas Azza.

Diungkapkannya, modus penipuan ini juga rawan terjadi dimasa transisi perjantian posisi pejabat Pemkab Kepulauan Meranti. “Sasarannya adalah bendahara SKPD. Sehingga masa transisi atau masa pergantian pejabat, maupun dalam kaitan mutasi dan lainnya sebagainya, perlu mendapat perhatian ekstra,” ingatnya.(rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com