Oktober, Roro KMP Barembang Beroperasi

Dibaca: 2196 kali  Senin,09 September 2013 | 10:12:00 WIB

Oktober, Roro KMP Barembang Beroperasi
Ket Foto :

Jika tidak aral melintang Oktober nanti roll on roll off (roro) kapal motor penyeberangan (KMP) Barembang akan kembali beroperasi.

Untuk diketahui saat ini kapal penghubung daratan itu masih berhenti beroperasi sejak lebih kurang tiga bulan lalu dan masih terparkir di pelabuhan penyeberangan di Desa Kampung Balak, Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Perhubungan Tebing Tinggi Barat Jumakir,  mengharapkan dengan beroperasinya kembali KPM Barembang dapat mempermudah aktivitas masyarakat Kepulauan Meranti dalam memobilisasi barang keperluan dari daratan Sumatera.

Meski begitu sebelum dioperasionalkan kembali nantinya terlebih dahulu tim Dinas Perhubungan Provinsi Riau akan meninjau langsung ke lapangan sekaligus melihat kesiapan Dishub Kepulauan Meranti.

‘’Kita juga sudah melakukan peninjauan dan turun ke lapangan melihat kondisi jalan menuju pelabuhan roro tersebut. Kita juga sudah menyurati Dinas PU tentang kondisi jalan yang menjadi akses dari Selatpanjang menuju Desa Kampung Balak tersebut,’’ kata Jumakir dilansir riaupos.co.id.

Menurutnya dari hasil peninjauan timnya ditemukan beberapa titik jalan yang rusak dan tergenang air dengan ketinggian lebih kurang 15-20 centimeter di antaranya di kilometer 36 dan kilometer 36,5.

Selain digenangi air jalan tersebut juga berlumpur sehingga sulit untuk dilalui kendaraan. Di lapangan untuk mengatasi hal tersebut dibangun jalan sementara dari papan.

‘’Selain jalan yang rusak dan digenangi air, jembatan di Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat juga sudah rusak dan ambruk sehingga jembatan tersebut tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan roda empat. Juga terdapat dua unit gorong-gorong yang ketinggiannya melebihi jalan membuat sulit untuk dilewati oleh kendaraan. Makanya kita menyurati pihak Dinas Pekerja Umum (PU) agar dapat memperbaiki jalan yang tergenang air tersebut serta jembatan yang ambruk di Desa Kundur termasuk gorong-gorong yang ketinggiannya melebihi jalan,’’ rincinya.

Dia mengharapkan juga kondisi jalan rusak dari Pelabuhan KMP Barembang menuju Selatpanjang serta jembatan dan gorong-gorong itu bisa selesai diperbaiki menjelang Oktober. Dengan demikian  roro KMP Barembang bisa kembali beroperasi seperti semula.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com