Pemcam 3T Kejar Target Perekaman 100 Persen

Dibaca: 2363 kali  Rabu,18 September 2013 | 11:12:00 WIB

Pemcam 3T Kejar Target Perekaman 100 Persen
Ket Foto :

SUNGAITOHOR - Pemcam Tebingtinggi Timur (3T) akan memaksimalkan perekaman data e-KTP bagi masyarakat. Sesuai surat edaran Disdukcapil Kepulauan Meranti bahwa jadwal perekaman gratis diperpanjang hingga 31 Oktober 2013, hal itu menjadi patokan bagi Pemcam 3T sebagai target kerja perekaman data hingga 100 persen.

Hal itu diungkapkan Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, kepada wartawan melalui selulernya. Dikatakannya, data wajib e-KTP umur 17 tahun keatas di Kecamatan Tebingtinggi Timur berjumlah 8.979 jiwa.

“Dari jumlah orang wajib e-KTP itu sudah terealisasi perekaman sampai minggu pertama bulan September sebanyak 8.824 jiwa, dengan prosentase kalau tidak silap  lebih kurang 98,2 persen. Itukan data untuk wajib e-KTP 17 tahun keatas, namun dalam surat edaran baru, bahwa untuk umur 16 tahun sudah bisa direkam,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kebijakan dibolehkannya perekaman bagi warga berumur 16 tahun itu sudah diteruskan kepada masing-masing Pemerintah Desa, sehingga Pemdes bisa mengumumkan hal itu kepada seluruh warganya. “Yang sudah berumur 16 tahun bisa direkam dulu, namun e-KTPnya bisa keluar saat yang bersangkutan sudah berumur 17 tahun, hal ini sesuai petunjuk Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Meranti,” ujarnya.

Saat ini ungkap Camat, masih banyak masyarakat yang sudah merekam data e-KTP, namun belum menerima cetakan e-KTP itu. Kalaupun sudah keluar, ada juga yang datanya tidak sesuai saat perekaman. “Inilah yang harus kita luruskan kepada masyarakat, bahwa sejauh ini pihak kecamatan hanya mempunyai kewenangan melakukan tugas perekaman,” terangnya.(rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com