Siang Ini, MK Mulai Sidang Sengketa Pilgubri 2013

Dibaca: 1492 kali  Kamis,26 September 2013 | 11:41:00 WIB

Siang Ini, MK Mulai Sidang Sengketa Pilgubri 2013
Ket Foto :

JAKARTA - Jika tak ada aral melinang, siang ini sekitar pukul 13.30 WIB, Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang sengketa Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2013. Sidang beragendakan pemeriksaan perkara tahap satu.

Sidang beragendakan perkara nomor 127/PHPU.D-XI/2013 dengan pemohon Wan Abubakar dan Isjoni serta Nomor Perkara 128/PHPU.D-XI/2013 dengan Pemohon Achmad dan Masrul Kasmy.

Seperti diketahui, setelah gagal menempuh jalur hukum di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dikarenakan tak lolos verifikasi faktual dalam Pilgubri. Pasangan Wan Abubakar-Isjoni tak kehabisan akal. Terbukti hari ini, Kamis (26/9/2013) majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan memeriksa pokok-pokok perkara gugatan Pemohon yang diajukan pasangan independen ini.

Selain pasangan bakal calon gubernur Riau ini ada juga, calon gubernur dan wakil gubernur Riau dengan nomor urut empat pada Pilgubri 4 September kemarin, yakini pasangan Achmad-Masrul Kasmy.

Pasangan ini tak mau menerima begitu saja hasil keputusan pleno KPU Riau yang menempatkan pasangan ini berada di posisi ketiga setelah Anas Maamun-Andi Rahman dan Herman Abdullah-Agus Hidayat, dan selaku Termohon dalam gugatan ke MK ini adalah KPU Riau.

Berdasarkan jadwal persidangan yang dimuat di halaman Website resmi Mahkamah Konstitusi, sidang perkara nomor 127/PHPU.D-XI/2013 dengan pemohon Wan Abubakar dan Isjoni serta Nomor Perkara 128/PHPU.D-XI/2013 dengan Pemohon Achmad dan Masrul Kasmy dimulai jam 13.30 WIB dengan agenda sidang pemeriksaan perkara tahap satu.

Salah satu Pemohon yang mengajukan permohonan ke MK Wan Abubakar mengatakan, dirinya sudah mendapat konfirmasi dari pihak MK terkait jadwal persidangan perdana yang digelar hari ini, Selasa (26/9/2013).

Namun, besar kemungkinan Wan Abubakar tidak bisa hadir secara langsung menyaksikan jalannya persidangan, sebab di waktu bersamaan dirinya mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI ke Riau.

''Kebetulasan besok (hari ini, red)saya sedang mengukuti kunjungan kerja ke Riau, sehingga tidak bisa hadir secara langsung menyaksikan persidangan pertama,'' kata Wan Abubakar di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta dilansir goriau.com.

Namun Wan Abubakar, sudah menyerahkan sepenuhnya kepada tim kuasa hukum, untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran yang terjadi dalam proses Pilgubri Riau.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com