5 Kunci Pemerintahan Bupati Irwan

Dibaca: 1405 kali  Rabu,02 Oktober 2013 | 10:51:00 WIB

 5 Kunci Pemerintahan Bupati Irwan
Ket Foto :

PULAU MERBAU - Dalam menyelenggaran pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Bupati Irwan, menerapkan lima kunci dasar. Yakni, kenyang, sehat, pandai, bekerja, dan beriman. Dengan begitu diharapkan masyarakat di daerah yang dipimpinnya bisa sejahtera dan bersaing dengan masyarakat di daerah lainnya.

"Seperti pola pemerintahan yang pernah saya sampaikan dulu, ada lima hal yang harus dijamin. Yang utama, perut harus dikenyangkan dulu," kata Bupati Kepulauan Meranti, Irwan, belum lama ini saat berdiskusi bersama masyarakat di Pulau Merbau.

Bukan hanya kenyang, kata Bupati, kesehatan menjadi kebutuhan masyarakat selanjutnya yang harus terpenuhi. Oleh karena itu, Pemkab setiap tahunnya menganggarkan pembangunan Puskesmas rawat inap di masing-masing kecamatan. Selain itu, setiap desa juga terus digesa pembangunan poskedes yang dilengkapi dengan tenaga medis, bidan dan perawat.

"Selain pembangunan puskesmas dan poskesdes, Pemkab juga telah membuat kebijakan Jamkesmas dan Jamkesda untuk masyarakat. Bahkan MoU telah dilakukan ke beberapa rumah sakit luar daerah, di Pekanbaru dan Tanjung Balai Karimun," sebutnya.

Kemudian jaminan pendidikan terpenuhi, setiap anak di Kepulauan Meranti, kata Irwan, harus bersekolah. Saat ini Pemkab telah menyediakan sekolah atau kelas jauh yang di setiap desa. "Sudah tidak ada alasan lagi, hampir semua anak-anak desa sekarang sudah bisa menjangkau sekolah-sekolah yang ada," kata orang nomor satu Kepulauan Meranti itu.

Kunci ke empat, bekerja, perjuangan para tokoh masyarakat untuk memekarkan Kepulauan Meranti menjadi kabupaten sendiri telah membuka banyak lowongan pekerjaan bagi anak daerah, baik di lingkungan pemerintah maupun swasta. "Untuk di lingkungan pemerintah sendiri sudah menampung sekitar 6 ribu orang, baik pns maupun tenaga honorer. Belum lagi di perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Kepulauan Meranti," tutur Bupati.

Hal terakhir yang harus menjadi pondasi penting bagi masyarakat agar kesejahteraan bisa terwujud, kata Irwan, adalah beriman. "Dengan beriman kita berharap dan berdoa, agar kampung kita ini diberkahi dan pemerintah bisa bekerja dengan baik dalam menjalankan amanah," ajak Bupati Irwan. (rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com