LAMR Meranti Sosialisasikan Program Perkebunan Rakyat

Dibaca: 1586 kali  Senin,07 Oktober 2013 | 11:23:00 WIB

 LAMR Meranti Sosialisasikan Program Perkebunan Rakyat
Ket Foto :

Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Bidang Perekonomian melakukan sosialisasi program perkebunan rakyat berbasiskan tanaman sawit kepada para petani di Gedung LAMR Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Barat, Jum’at (4/10) sore.

Ketua LAMR Kepulauan Meranti, H Ridwan Hasan, melalui Ketua Bidang Ekonomi LAMR Kepulauan Meranti, H Darwis SPd mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan menjelaskan kepada masyarakat program perkebunan rakyat adalah salah satu upaya pengentasan kemiskinan daerah.

Menurutnya, pengembangan agribisnis kelapa sawit merupakan salah satu langkah yang diperlukan sebagai kegiatan pembangunan subsektor perkebunan dalam rangka revitalisasi sektor pertanian serta upaya pengentasan kemiskinan.

"Oleh karena itu kita mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, agar masyarakat bisa memahami sepenuhnya prospek perkebunan rakyat berbasiskan perkebunan sawit," sebut H Darwis.

Dijelaskan Darwis, sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian, tujuan utama pengembangan agribisnis kelapa sawit adalah menumbuh-kembangkan usaha kelapa sawit di pedesaan yang akan memacu aktivitas ekonomi pedesaan, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita bisa lihat kehidupan petani-petani sawit di daerah lain, mereka saat ini bisa hidup sejahtera. Kita tentu juga menginginkan petani-petani di daerah Tebingtinggi Barat demikian pula.

Pengembangan perkebunan rakyat secara cepat ini merupakan salah satu tujuan pemerintah, karena disamping untuk menghasilkan devisa Negara juga untuk memperluas kesempatan kerja dan sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan rakyat," tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati Kepulauan Meranti, H Ishaq Izrai, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Drs M Arif MN didampingi Sekretaris Dinas, H Ismail Arsyad, Ketua LAMR Kecamatan Tebingtinggi Barat, Ahmad Yuda serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya. (rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com