Meranti Jadi Pilot Project Desiminasi Informasi

Dibaca: 1907 kali  Selasa,08 Oktober 2013 | 11:45:00 WIB

Meranti Jadi Pilot Project Desiminasi Informasi
Ket Foto :

SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjadi lokasi Pilot Project program Desiminasi Informasi Tahun 2014 di Provinsi Riau. Untuk memaksimalkan rencana itu, Tim Diskominfo dan PDE Riau melakukan peninjauan di dua Kecamatan wilayah perbatasan negara, yakni Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir.

Kepala UPT Media Center Diskominfo dan PDE Riau, Mastar Mahad, didampingi Kasubbag TU UPT Media Center, Lisa Elfira dan staf, Sri Nurnaningsih, kepada wartawan, Senin (7/10) menerangkan, peninjauan di dua kecamatan itu bertujuan untuk mengumpulkan data kondisi eksisting daerah dan wawasan sosial masyarakat.

“Masyarakat di wilayah perbatasan lebih mudah dan lebih banyak menerima luberan informasi dari media negara tetangga. Kondisi itu dikhawatirkan akan mempengaruhi rasa kebangsaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, Kabupaten Kepulauan Meranti dinilai sangat tepat menjadi rencana lokasi pilot project peningkatan wawasan kebangsaan melalui program desiminasi informasi,” ungkapnya.

Mastar menjelaskan, melalui peninjauan itu nantinya akan diketahui bagaimana kondisi komunikasi informasi, serta tingkat wawasan kebangsaan masyarakat dikawasan perbatasan. Data dan informasi yang dikumpulkan akan menjadi bahan laporan kepada pimpinan dan masukan kepada Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta.

“Untuk itu kami memerlukan data yang langsung dikumpulkan dari lapangan di dua kecamatan perbatasan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti ini. Apa kira-kira nantinya yang dapat dibantu oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi guna meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat melalui program desiminasi informasi,” jelasnya.

Diterangkan juga, rencana menjadikan kecamatan perbatasan di Kepulauan Meranti sebagai pilot project desiminasi informasi tahun 2014 mendatang, akan diawali dengan kegiatan sosialisasi yang menurut rencana akan dibuka oleh pihak Kemenkominfo RI bersama Bupati Kepulauan Meranti.

“Rencana Pilot Project desiminasi informasi di Kabupaten Kepulauan Meranti ini akan menjadi yang pertama di Provinsi Riau. Program itu nantinya akan didukung dengan bantuan peningkatan perangkat tekhnologi informasi dan komunikasi,” tutupnya. (rep6)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com