Rumah Efendi Roboh Tertimpa Pohon Karet

Kerugian Mencapai Jutaan Rupiah

Dibaca: 1221 kali  Rabu,24 April 2013 | 08:46:00 WIB

RANGSANG BARAT – Rumah bagian depan milik Efendi (43), warga RT 14 RW 06 Dusun V Desa Sialang Pasung Kecamatan Rangsang Barat roboh tertimpa pohon karet yang tumbang dilanda angin kencang pada Minggu (21/4) pagi lalu. Beruntung dari musibah tersebut tidak terjadi korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

 
Menurut keterangan Efendi, Senin (22/4) petang lalu, saat kejadian dirinya bertamu ke rumah tetangga di sebelah rumahnya. Kejadian diketahui oleh istri yang sedang mencuci pakaian yang langsung berteriak memanggilnya.
 
“Waktu kejadian angin ribut memang kuat, saya sedang dirumah tetangga steri saya berteriak rumah ditimpa kayu getah (pohon karet, red). Untunglah anak kami tidak ada-apa. Sebab, waktu kejadian itu mereka ada bertiga di dalam rumah,” tutur Efendi menceritakan kejadian itu.
 
Mendapati musibah tersebut ayah beranak lima yang bekerja sebagai nelayan itu mengatakan, warga setempat bersama Kepala Desa langsung berdatangan. Mereka membantu membersihkan puing-puing rumah yang beratapkan daun rumbia yang sudah hancur dan pohon karet yang menimpanya.
 
Sementara itu, Junaida (34) isteri Efendi mengakui mereka hanya pasrah dan ikhlas atas musibah yang menimpa keluarganya. “Ini sudah kehendak-Nya, kami ikhlas. Mudah-mudahan ada hikmahnya bagi kami atas musibah ini,” ucap ibu rumah tangga ini.
 
Menanggapi hal tersebut, Kades Sialang Pasung, Abdul Manaf Yunus berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah. Dalam hal ini, pihaknya sudah sepakat memberikan bantuan untuk meringankan beban yang diderita korban.
 
“Kita juga berharap adanya perhatian dan uluran tangan dari yang lainnya. Mudah-mudahan dengan begitu dapat meringankan beban mereka (keluarga Efendi) yang mendapatkan musibah ini,” harap Kades.
 
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Kepulauan Meranti, terkait musibah tersebut melalui Kabid Sosial, M Mahdi, Selasa (23/4) kemarin mengakui bahwa pihaknya belum mengetahui akan kejadian itu. Meski demikian mereka meminta kepada Pemdes setempat agar secepatnya menyampaikan laporan secara tertulis ke Dinas Sosial. Sehingga pihaknya mengantongi data akan kerugian yang diderita oleh korban.
 
“Kita belum tahu ada kejadian itu. Makanya kita minta Pemdes setempat segera menyampaikan laporan tertulis lengkap dengan foto rumah yang roboh itu. Sehingga dengan begitu kita bisa segera pula menyalurkan bantuan bagi warga yang terkena musibah tersebut,” pinta Mahdi lewat sambungan seluler. (rep-01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com