EMP MSSA akan Tambah Pasokan Gas ke PLTG Merbau

Dibaca: 2226 kali  Sabtu,12 Oktober 2013 | 10:41:00 WIB

EMP MSSA akan Tambah Pasokan Gas ke PLTG Merbau
Ket Foto :

SELATPANJANG - Salah satu anak perusahaan minyak dan gas bumi (migas) Energi Mega Persada (EMP) yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA), terus mendukung upaya pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Melibur. EMP MSSA merupakan pemasok gas bagi PLTMG Melibur yang selama ini memberikan pasokan listrik ke sekitar wilayah operasi EMP MSSA di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala Humas EMP, Heru Hardono mengatakan, salah satu upaya dukungan terhadap pasokan listrik ke masyarakat tersebut yakni dengan membantu operasional pemindahan 2 unit gas engine yang baru. Dua unit gas engine yang direncanakan online pada akhir Oktober 2013 itu diharapkan akan mampu menambah produksi listrik PLTG Melibur.

“Saat ini ada 3 unit gas engine dengan total kapasitas terpasang sebesar 880 KW. Dengan tambahan 2 unit ini PLTMG akan mendapat tambahan kapasitas produksi terpasang sebesar 640 KW,” tutur Heru Hardono, Kamis (10/10).

Selain itu, menurut Heru, rencananya PLTMG Melibur juga akan menambah 2 unit gas engine lagi pada awal November 2013. Dua unit gas engine tersebut memiliki total kapasitas terpasang yang sama, yakni sebesar 640 KW.

Dengan adanya penambahan gas engine tersebut, EMP MSSA akan menambah pasokan gas ke PLTMG Melibur sebesar 0,1 MMscfd pada tiap 2 unit gas engine. Sehingga, jika 2 unit gas engine terakhir benar-benar telah tiba di awal November nanti, total tambahan pasokan gas dari EMP MSSA akan menjadi sebesar 0,2 MMscfd.

Penambahan gas engine tersebut, lanjut Heru, akan mampu menambah jaringan listrik baru sepanjang 42 kilometer. Rencananya, jaringan baru yang ke arah utara sepanjang 30 kilometer mencakup Desa Mengkirau, Bandul dan sekitarnya. Adapun jaringan baru yang mengarah ke selatan yakni sejauh 12 kilometer, meliputi Desa Hulu Asam, Mekarsari, Lukit dan sekitarnya.

“Kemungkinan, project tersebut akan dikerjakan dalam rentang bulan November hingga Desember 2013,” kata Heru. (rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com