SB Kepau Jaya Tidak Singgah

Calon Penumpang di Sungaitohor Kecewa

Dibaca: 1918 kali  Kamis,17 Oktober 2013 | 11:10:00 WIB

Calon Penumpang di Sungaitohor Kecewa
Ket Foto : ilustrasi

SUNGAITOHOR - Puluhan calon penumpang Speedboat Kepau Jaya yang sudah membeli tiket di Desa Sungaitohor Kecamatan Tebingtinggi Timur merasa sangat kecewa. Pasalnya, angkutan umum yang ditunggu-tunggu untuk mengantarkan ke Kota Selatpanjang ternyata tidak singgah untuk menjemput mereka.

Informasi yang diperoleh dari Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, yang juga ikut terlantar berangkat ke Kota Selatpanjang, Rabu (16/10) pagi, menyebutkan ada sekitar 36 orang warga yang sudah membeli tiket speedboat itu untuk menumpang menuju Kota Selatpanjang.

“Ada calon penumpang warga sungaitohor yang akan melahirkan, kemudian yang ada urusan di Kabupaten serta masyarakat lain untuk urusan dagang. Padahal speedboat itu sudah ditunggu sesuai jadwal biasanya pukul 07.45 Wib, namun tidak ada konfirmasi dengan agen penjual tiket di Sungaitohor kalau speedboat itu tidak singgah menjemput penumpang,” kata Helfandi geram.

Saidun, salah seorang warga Sungaitohor yang juga hendak menumpang angkutan air itu, mengaku sangat kecewa terhadap pelayanan armada speedboat Kepau Jaya yang sebelumnya tidak memberikan informasi kepada masyarakat dan pihak agen penjualan tiket di sungaitohor.

“Kami minta tanggungjawab dan minta ganti rugi seperti yang dilakukan pihak agen speedboat yang apabila penumpang tidak jadi berangkat mereka melakukan pemotongan biaya tiket. Begitu juga kami yang tidak dijemput untuk berangkat ini, pihak pemilik kapal harus ganti rugi biaya transportasi kami dari rumah ke pelabuhan,” ujarnya.

Padahal, ungkapnya, pihak speedboat Kepau Jaya mempunyai 2 line dan 2 armada, namun pada Rabu pagi mereka hanya menjalankan 1 unit speedboat saja. Sehingga banyak calon penumpang terlantar, khususnya yang sudah membeli tiket di agen Sungaitohor.

Menyikapi kondisi itu, Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, mengatakan dirinya akan mempertanyakan trayek speedboat tersebut kepada pihak Adpel Selapanjang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Harusnya mereka sudah melakukan antisipasi lonjakan penumpang pada musim hari raya seperti ini. Jangan mereka besar kepala karena transportasi hanya mereka yang punya, lalu mereka bisa sesuka hati saja, bukan berarti pihak lain tidak sanggup untuk menyaingi usahanya,” kata Helfandi.(rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com