Ratusan Pelajar Meranti Ikuti Kegiatan Hari CTPS Se-Dunia

Dibaca: 1159 kali  Sabtu,19 Oktober 2013 | 03:01:00 WIB

Ratusan Pelajar Meranti Ikuti Kegiatan Hari CTPS Se-Dunia
Ket Foto :

 SELATPANJANG - 300 pelajar dari 4 Sekolah Dasar di Desa Alai Kecamatan Tebingtinggi Timur, Jumat (18/10), mengikuti kegiatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Se-Dunia yang ditaja oleh UPT Puskesmas Alai. Kegiatan diawali dengan senam CTPS hasil kreasi UPT Puskesmas Alai, dilanjutkan penandatangan komitmen.


“Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisiatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB,” kata dr Lyta, Kepala UPT Puskesmas Alai, saat mengawali acara.


Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia, terangnya, diperingati pada tanggal 15 Oktober setiap tahunnya, “Di Kecamatan ini kita sudah 3 tahun menggelar acara yang sama, ini satu-satunya di Kabupaten Kepulauan Meranti,” tutur dr Lyta.


Dijelaskannya, kegiatan CTPS adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya, baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan pakai sabun oleh masyarakat. Tujuannya, sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.


“Ini merupakan langkah sederhana dengan dampak yang luar biasa bagi kesehatan. Dari hasil risetnya menemukan, CTPS dapat mencegah tingkat diare hingga 50 persen, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga 45 persen. Sedangkan menurut Journal of Environmental Research and Public Health, orang yang mencuci tangannya dengan air sabun dapat menghilangkan 92 persen organisme (penyebab penyakit infeksi) di tangan,” beber Lyta.


Camat Tebingtinggi Barat, Mulyadi, yang membuka secara resmi acara tersebut mengharapkan, kegiatan ini bisa berlanjut, dan Kecamatan Tebingtinggi Barat menjadi percontohan bagi kecamatan lainnya dalam kegiatan CTPS.


"Untuk kegiatan kedepannya kita akan sediakan tempat yang lebih representatif, dan Pemerintah Kecamatan akan coba membantu bagaimana kegiatan seperti ini bisa terlaksana di setiap sekolah,” ucap Mulyadi.


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua HWK Kabupaten Kepulauan Meranti, Khairiah Defril, yang merupakan salah satu tim penilai dalam lomba senam CTPS. Disela-sela acara ia mengatakan, kampanye CTPS juga sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah.


“Menurut Unicef, kurangnya akses untuk air bersih mengakibatkan penurunan tingkat kehadiran anak perempuan di sekolah saat mereka memasuki masa puber, karena tidak adanya fasilitas sanitasi yang memadai. Penyediaan air bersih dan perilaku sanitasi yang baik disekolah, juga menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals),” ucapnya. (rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com