Meranti Terus Tingkatkan Produksi Panen Padi

Dibaca: 1895 kali  Sabtu,26 Oktober 2013 | 11:48:00 WIB

Meranti Terus Tingkatkan Produksi Panen Padi
Ket Foto :

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir menargetkan hasil panen padi  MT 2013/2014 akan memampu mencapai 12.600 ton gabah kering. Ia optimis  karena lahan sawah yang dimiliki di kawasan agropolitasn Rangsan Barat dan Rangsang Pesisir untuk musim tanam tahun 2013/2014 lebih dari 3.150 hektar yang digarap petani.
"Kita memiliki petani-petani yang tangguh dan siap berkerja keras. Untuk itu kita optimis, hasil panen MT 2013/2014 Meranti akan mampu mencapai target panen padi sebesar 12.600 ton gabah kering giling. Tidak ada alasan petani untuk tidak siap mengolah lahan sawahnya, Pemkab Meranti, Pemprov dan Pemerintah Pusat melalui dana APBN terus berupaya menggulirkan berbagai stimulus untuk para petani menggenjot hasil panennya," ujar Irwan.

Menurutnya, perkembangan Kabupaten Kepulauan Meranti yang terus menggeliat, turut mendongkrak akan kebutuhan bahan pangan padi. Dengan kondisi lahan persawahan yang terbatas, saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti baru mampu  memproduksi 8.000 ton beras. Sementara kebutuhan akan beras di Meranti pada tahun 2012 mencapai 2800 ton/tahun. Dengan demikian, Meranti masih kekurangan lebih dari 20.000 ton beras/ tahunnya.

Namun dengan kapasistas luas lahan yang masih belum tergarap secara maksimal, Meranti masih berpotensi untuk meningkatkan produksi berasnya seitap musim tanam mencapai 12-20 ton beras. Untuk itu, Pemkab Kepulauan Meranti terus berupaya melakuan upaya peningkatan produksi panen padi dengan melakukan program ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian secara luas. Diharapkan dengan program ini, Meranti secara bertahap mampu meningkatkan produksi panen padinya disetiap musim tanam.

Sementara kata Irwan untuk tahun 2013, selain mendapat bantuan puluhan handtracktor, Meranti juga mendapat alokasi anggaran untuk pembangunan cetak sawah baru, penyiapan saprodi, bibit unggul dan pembangunan system irigasi. Semua ini dilakukan sebagai upaya untuk memicu semangat dan gairah para petani di daerah ini untuk kembali ke sawah. “Kita optimis Meranti akan mampu mengenjot produksi berasnya disetiap musim tanam. Kalaupun tidak untuk swasembada, minimal secara bertahap 50%. Kalau ini berhasil dilakukan, akan menjadi prestasi yang sangat menggaumkan dan membanggakan. Untuk itu, teruslah berkarya untuk peningkatan produksi padi kita” tandas Bupati Irwan, MSi dilansir haluankepri.com.

Shering budget

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Meranti Julian Norwis, bahwa luas tanaman padi tahun 2012 yaitu 2.285 Ha dengan produksi sebesar 8.008 ton. Dan rencana penanaman padi tahun 2013 seluas 3.150 ha, yang tersebar di 5 kecamatan dan diperkirakan produksi seabanyak 12.600 ton. Dikatakan Julian, Penngembangan luas areal padi sawah di Kabupaten Kepulauan Meranti dibiayai melalui APBN Tahun 2013 antara lain paketnya adalah melalui cetak sawah baru seluas 500 Ha, optimalisasi lahan seluas 640 Ha dan jaringan irigasi seluas 1.250 Ha serta dikembangkan juga penanaman padi organic melalui kegiatan SRI seluas 200 Ha di Desa Sendaur Kecamatan Rangsang Pesisir. (rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com