2014, Pemkab Perbaiki Instalasi Air Lalang Tanjung

Dibaca: 1478 kali  Senin,28 Oktober 2013 | 09:04:00 WIB

2014, Pemkab Perbaiki Instalasi Air Lalang Tanjung
Ket Foto : ilustrasi

SELATPANJANG - Pemkab Kepulauan Meranti akan memperbaiki fasilitas instalasi Air eks Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ada di Desa Lalang Tanjung Kecamatan Tebingtinggi Barat. Anggaran perbaikan fasilitas penyulingan air tersebut, dimasukkan dalam RAPBD Tahun 2014 mendatang.

Saat meninjau peninggalan aset PDAM Kabupaten Bengkalis itu belum lama ini, Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, bersama rombongan melihat fasilitas air bersih tersebut sudah tidak bisa lagi dioperasikan, karena seluruh peralatan sempat terlantar selama tiga tahun dan sebagiannya sudah hilang akibat penjarahan.

“Kita akan berupaya untuk mengoperasikan kembali instalasi air bersih eks PDAM ini, sebagai salah satu alternatif penyediaan air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti,” kata Bupati Irwan, dalam kunjungannya bersama anggota DPRD, Fauzi SE, Camat Tebingtinggi Barat, Mulyadi dan Kadis Parpora, M Arif MN MPdi.

Dikatakannya, saat ini sebagian besar masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti masih bergantung pada tadahan air hujan untuk mendapatkan air bersih. “Jika musim kemarau, maka masyarakat akan kesulitan air bersih. Inilah yang kita upayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutur Bupati.

Mulai tahun ini, kata Irwan, Pemkab sudah memulai kajian-kajian yang memungkinkan untuk penyempurnaan fasilitas PDAM tersebut. Kolam-kolam penampungan air, jika diperlukan akan diperbanyak lagi. “Jika saat ini hanya ada dua kolam penampungan, kita akan bikin beberapa kolam lagi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya lagi, pemerintah daerah juga sedang mengkaji kemungkinan untuk memanfaatkan kanal-kanal air dari salah satu perusahaan sagu yang berada di Kecamatan Tebingtinggi Timur. “Mudah-mudahan kita juga bisa memanfaatkan air dari kanal-kanal tersebut, jika dinilai memang layak dari berbagai aspek akan kita gunakan,” ungkapnya. (rep6)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com